Cara Mengatasi Printer Epson L3150 Tinta Tidak Keluar

Cara Mengatasi Printer Epson L3150 Tinta Tidak Keluar

Kerap terjadi masalah seperti ini pada printer dan salah satu penyebabnya adalah terdapat udara didalam cartridge sehingga terlalu banyak rongga kosong pada sistem yang membuat tinta tidak keluar. Hal ini disebabkan karena keterlambatan pengisian tinta, sebaiknya isi tinta sebelum habis. 

Hal ini pasti sangat mengganggu keperluan Anda untuk mencetak dokumen yang berwarna maupun tidak. Padahal sebelumnya tidak menunjukan tanda-tanda printer error yang membuat tinta tidak keluar, ada baiknya Anda lakukan Nozzle check, dengan melakukan pengecekan didalam sistem apakah cartridge hitam atau warna yang bermasalah.

Bila tinta yang keluar samar-samar Anda bisa melakukannya dengan head cleaning, mungkin saja tinta yang sering digunakan kotor sehingga menghambat pengeluaran tinta. Namun, jika ternyata head rusak akibat pemakaian printer yang berlebih maka menyebabkan tinta tidak keluar dan berujung head rusak. 

Bagaimana cara mengatasi printer Epson L3150 tinta tidak keluar? Jangan khawatir Komara Tech akan memberikan solusi bagaimana mengatasi tinta printer Epson L3150 tidak keluar atau tinta yang keluar samar-samar. Simak penjelasan singkat dibawah ini dengan seksama dan ikuti langkah-langkahnya agar permasalahan yang terjadi bisa cepat teratasi!

CARA MENGATASI PRINTER EPSON L3150 TIDAK KELUAR TINTA SAAT MENCETAK 

Berikut cara mengatasi printer Epson L3150 tidak keluar tinta dengan mudah yang bisa Anda atasi dirumah sendiri. Ikuti langkah-langkahnya dibawah ini, ya!

1. Head Cleaning

Head cleaning sendiri bertujuan untuk membersihkan tinta printer dari kotoran maupun udara yang membuat tinta tidak keluar. Anda bisa melakukannya dengan berikut ini : 
  • Nyalakan printer dan hubungkan printer dengan komputer
  • Selanjutnya buka Control Panel -> Hardware and Sound -> Device and Printers
     

  • Kemudian pilih series Printer Epson L3150
  • Lalu klik kanan, pilih Printer Properties
  • Pada jendela properties, pilih Preference lalu klik Maintenance
  • Klik opsi Head Cleaning, start dan tunggu hingga selesai

2. Cek Pengisian Tinta 

Cara kedua Anda bisa mengecek tinta terlebih dahulu, apakah level tinta sudah sedikit dan perlu pengisian ulang. Bagaimana cara mengeceknya? Anda bisa ikuti langkah dibawah ini untuk cek level tinta printer Epson L3150 : 
  • Klik dua kali pada ikon printer laptop/PC Anda
  • Kemudian klik Maintanance dan pilih tombol "EPSON Status Monitor 3"
  • Klik "Approximate Ink Levels" maka akan muncul grafik perkiraan level tinta, yang bisa Anda lihat apakah perlu pengisian ulang atau tidak

3. Troubleshooter

Anda juga bisa melakukan printer troubleshooter untuk mengatasi tinta tidak keluar pada printer Epson L3150 dengan langkah berikut : 
  • Ketik Troubleshoot pada kolom search
  • Klik pada Troubleshoot settings
  • Kemudian pilih printer dan klik run the troubleshooter
  • Tunggu hingga selesai lalu Anda ikuti langkah seterusnya

KESIMPULAN

Itulah beberapa cara mengatasi tinta printer Epson L3150 tidak keluar, jika cara diatas tidak bekerja pada printer Anda. Silahkan bawa printer ke tempat service agar segera diperbaiki. Selamat mencoba!


Finna Komara
Finna Komara Hello, I'm Finna Komara, I'm from Medan (Indonesia). Blogging is one of my main hobbies, and a job that makes me happy!

Post a Comment for "Cara Mengatasi Printer Epson L3150 Tinta Tidak Keluar"