Penyebab dan Cara Mengatasi PC/Laptop Blue Screen Windows 10

PC Blue Screen
Glints.com

WannnINT - PC dengan layar biru atau yang biasa disebut Blue Screen, bagi pengguna windows hal ini sudah tidak asing lagi. Karena Blue Screen juga salah satu penyakit yang biasa terjadi pada operasi sistem windows.

Munculnya Blue Screen yaitu ditandai dengan Your PC ran into a problem and needs to restart. We're just colleting some error info, and then we'll restart for you dengan gambar sedih seperti pada thumbnail/gambar diatas.

Pasti diantara kalian ketika melihat komputer atau laptop Anda menampilkan keterangan tersebut, Anda merasa panik. Sekarang Anda tidak perlu panik, karena diartikel ini WannnINT akan menjelaskan secara detail mengenai penyebab dan bagaimana cara mengatasi PC Blue Screen di Windows 10.

PC Blue Screen tidak hanya terjadi pada windows 10 saja, namun seperti windows 7, 8, hingga 11 juga. Dan diantara cara memperbaikinya kemungkinan hampir sama, namun perlu diingat juga, tampilan pada setiap windows juga berbeda.

Blue Screen ini biasa juga disebut sebagai BSOD atau arti kepanjangannya adalah Blue Screen Of Death.

Tentu saja, adanya muncul masalah PC Blue Screen, tentu ada penyebabnya juga. Untuk itu, simak artikel agar tidak terjadi lagi masalah Blue Screen.

Namun, karena saya menggunakan windows 10. Maka diartikel ini saya contohkan saja pada windows 10. Nah, berikut ini beberapa penyebab dan bagaimana cara mengatasi Blue Screen di Windows 10 dengan mudah.
Silahkan baca artikel ini hingga selesai, agar Anda tidak gagal paham dan dapat dimengerti dengan mudah setelah selesai membacanya.

#Jangan lupa jaga kesehatan...
Baca juga:

Penyebab Blue Screen di Windows 10

Diantara beberapa penyebab laptop atau PC Blue Screen adalah:

1. Driver error.


Driver-driver pada komponen windows ialah harus stabil. Maksudnya, yah kita hanya mengintall saja. Namun, dibeberapa hal lain driver bisa terjadi error/crash dikarenakan sesuatu. Ntah itu memang pernah kita otak-atik atau terkena semacam virus.

2. Ram Kusam atau Berdebu

Ram menjadi salah satu faktor utama PC menjadi Blue Screen. Pasti penggunaan PC/laptop sudah mengetahui apa itu RAM. Yah, RAM adalah Random Access Momory yang difungsikan pada perangkat untuk menyimpan data sementara yang sedang berjalan/digunakan

3. Suhu PC/Laptop Panas

Suhu pada PC dan laptop perlu Anda perhatikan. Karena jika suhu PC sangat panas, ini bisa mengakibatkan Blue Screen pada perangkat Anda. Jadi, jika komputer Anda sedang dalam keadaan panas, lebih baiknya untuk diistirahatkan terdahulu sejenak.

Cara Mengatasi PC Blue Screen di Windows 10

Setelah kita memahami apa saja penyebab PC Blue Screen, sekarang kita akan membahas bagaimana cara mengatasi windows 10 Blue Screen. Perlu diingat, cara ini juga bisa Anda lakukan pada windows berapapun, 7, 8, 11 dan versi lainnya.

Berikut ini beberapa cara mengatasi laptop/pc blue screen dengan mudah dan praktis:

1. Restart atau Matiin Paksa

Ketika PC Anda tiba-tiba mengalami blue screen, cara pertama yang bisa Anda coba adalah dengan melakukan restart PC.

Cara ini hanya untuk mengetes saja sebenarnya, seperti bagaimana jika PC setelah direstart. Apakah dia sudah normal dan tetap normal, atau akan terjadi Blue Screen lagi.

2. Membersihkan RAM PC dan Laptop

Penyebab PC Blue Screen, biasanya juga terdapat karena ram yang digunakan kotor. Kenapa ram dikaitkan dengan terjadinya Blue Screen? Jawabannya ialah "Karena RAM ialah adalah hardware yang berfungsi untuk menyimpan data yang sedang jalan didalamnya.

Dan saya sendiripun, ketika pc atau laptop mengalami blue screen, ntah di windows 7, 8, 10, 11. Selalu menggunakan cara ini, karena sangat work sekali untuk memperbaiki problem Blue Screen.

Sebelumnya juga saya sudah pernah mencoba beberapa cara mengatasi blue screen ini melihat diinternet, namun cara-cara tersebut tidak cocok/berhasil. Dan setelah mencoba dengan membersihkan bagian ram dengan penghapus, PC dapat normal kembali.

Atau misalkan belum bisa, coba menggunakan ram yang baru atau yang lain.

3. Oleskan Pasta Pendingin

Penyebab windows 10 dan lainnya mengalami Blue Screen, salah satunya ialah karena processor pada perangkat Anda mengalami suhu panas. Hal ini terjadi, karena pada processor tidak ada pasta.

Atau lebih tepatnya, pasta tersebut sudah mengering. Alhasil akan menyebabkan PC menjadi Blue Screen. Dan untuk mengatasinya sendiri, yaitu dengan mengoleskan pasta kembali pada processor.

4. Update Driver

Jika ada kemungkinan Blue Screen yang terjadi karena error/rusak driver pada komputer, yang harus Anda lakukan adalah memperbaharui Update drivernya.

Mungkin Anda bertanya, memang bagaimana cara melihat driver error tersebut? Anda dapat melihat  pada device manager. Jika hardware yang tidak terdapat driver, ia akan muncul kek gambar warning pada hardware tersebut.

Salah satu caranya agar dapat mengetahui driver apa saja yang belum terinstall driver, yaitu menginstall aplikasi update driver.

Baca juga:

5. System Restore

Cara kedua adalah cara yang biasa saya lakukan untuk mengatasi PC Blue Screen. Jika cara tersebut masih belum bisa memperbaikinya, Anda bisa mencoba dengan cara System restore.

Langkah-langkahnya:
  • Matikan terlebih dahulu PC atau laptop Anda.
  • Lalu nyalakan PC nya, dalam keadaan booting tekan tombol F8.
  • Jika sudah masuk kedalam booting, pilih Safe mode.
  • Jika sudah didalam Safe mode: Buka menu windows -  buka control panel - System & Security - Action Center - Recovery - Open System Restore - lalu Next - Next - Finish - Yes.
  • Maka komputer atau laptop Anda akan melakukan restart, dan tunggu saja hingga selesai (Menyala dengan normal).

6. Install Ulang Windows

Jika cara mengatasi Blue Screen diatas tidak dapat memperbaiki, mungkin jalan lainnya adalah dengan menginstall ulang windows. Cara ini merupakan langkah terakhir yang harus Anda lakukan, ketika PC windows Anda tetap mengalami Blue Screen.

Tinggal Anda lakukan install ulang sesuai OS keinginnan Anda.

Demikian itulah apa saja penyebab dan cara mengatasi PC Blue Screen di Windows 10 dengan mudah dan praktis yang dapat saya sampaikan.

Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan komentar Anda dikolom komentar.

WannnINT - 27 September 2022
Finna Komara
Finna Komara Hello, I'm Finna Komara, I'm from Medan (Indonesia). Blogging is one of my main hobbies, and a job that makes me happy!

Post a Comment for "Penyebab dan Cara Mengatasi PC/Laptop Blue Screen Windows 10"