Pengertian Jurusan TKJ dan Apa Saja Peluang Kerja Jurusan TKJ

Pengertian Jurusan TKJ dan Apa Saja Peluang Kerja Jurusan TKJ

Pengertian Jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan)

TKJ merupakan singkatan dari Teknik Komputer dan Jaringan atau Computer Network Engineering. Jurusan ini terdapat pada jenjang SMK, dalam jurusan ini mempelajari semua hal yang berhubungan dengan komputer, baik itu merakit komputer, menguasai bagian-bagian hardware dan yang terutama mempelajari jaringan, seperti LAN, MAN dan WAN. 

Apa keuntungan dari jurusan TKJ? Jurusan TKJ ini termasuk kedalam jurusan yang populer dan banyak diminati. Karena seiring berkembangnya teknologi, jurusan inilah yang akan menjadi pusat perhatian dan paling banyak peluang kerjanya. Salah satu keuntungannya adalah peka terhadap perkembangan teknologi, dapat mengembangkan hardware maupun software, menguasai informasi terkait komputer dan jaringan dan masih banyak lagi. Selain itu di jenjang SMK ini, siswa akan dibekali pengalaman berupa praktek kerja lapang (PKL) yang akan diadakan saat kelas 11. 

Anak TKJ bisa jadi apa? banyak sekali peluang kerja yang ditawarkan untuk lulusan TKJ. Pada artikel ini kami akan membahas apa saja peluang kerja untuk lulusan TKJ, simak ulasan lengkap dibawah ini!

PELUANG KERJA JURUSAN TKJ (TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN)

Menjadi seorang yang ahli di bidang komputer adalah sebuah keuntungan untuk menata masa depan yang cerah, memahami perkembangan teknologi yang terus menerus akan membuat Anda tidak ketinggalan zaman, selain itu dalam jurusan ini pun banyak sekali peluang kerja yang bisa Anda pilih, diantaranya sebagai berikut : 

1. Teknisi Jaringan

Menjadi seorang teknisi jaringan yang bertugas mengelola semua hal yang berkaitan dengan jaringan seperti WiFi, saluran telepon maupun jaringan lainnya. Profesi sebagai teknisi jaringan memiliki proker kerja seperti pemantauan jaringan, memperbaiki komputer atau perangkat keras lainnya yang rusak, melakukan instalasi server dan lainnya yang berhubungan dengan jaringan atau network. Pekerjaan ini bisa Anda jadikan sebagai pilihan karir setelah lulus nanti.

2. Teknisi Komputer

Selain menjadi Teknisi Jaringan, lulusan TKJ juga bisa menjadi Teknisi Komputer. Apa bedanya teknisi jaringan dan teknisi komputer? Jika teknisi jaringan bertugas untuk mengelola hal yang berhubungan dengan jaringan, Teknisi Komputer adalah profesi yang erat kaitannya dengan komputer seperti melakukan perawatan pada komputer, melakukan instalasi operating system. Para teknisi komputer ini sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan untuk melakukan pemeliharaan terhadap komputer maupun perangkat keras lainnya. 

3. Desainer Grafis

Jika Anda memiliki kemampuan dalam bidang Desain, menjadi seorang Desainer Grafis adalah pilihan yang tepat untuk memulai karir setelah lulus nanti. Banyak sekali siswa jurusan TKJ yang memiliki kemampuan hebat dalam desain seperti Animasi, visual, UI/UX dan berkembang dalam dunia desain grafis. Memiliki keahlian seperti membuat gambar vektor atau desain komunikasi visual yang bisa Anda kembangkan lebih jauh adalah suatu keuntungan yang bisa Anda manfaatkan untuk memulai bekerja dalam dunia nyata.

4. Administrasi Server

Peluang kerja lainnya adalah sebagai Administrasi Server, tugas dari seorang Administrasi Server adalah mengelola, mengawasi, memperbaiki dan mengamankan komputer server. Dalam bidang ini menjalankan prokernya untuk menjaga server agar tetap berjalan dengan baik, seperti keamanan, manajemen user, menangani masalah / Troubleshooting, melakukan upgrade dan membuat data cadangan. 

5. Customer Service

Customer Service bisa menjadi pilihan untuk lulusan TKJ saat akan memulai kerja. Karena sudah banyak Customer Service yang menggunakan layanan digital seperti email dan layanan internet lainnya sehingga banyak lulusan TKJ yang dibutuhkan. Customer Service bertugas untuk melayani customer guna mendapatkan informasi ataupun keluhan baik itu masalah yang sedang terjadi pada produk. 

6. Data Entry

Lulusan TKJ juga bisa menjadi seorang Data Entry. Profesi ini bertugas membantu perusahaan dalam proses pengolahan data fisik menjadi data digital menggunakan sebuah software. Lulusan TKJ bisa mendapatkan pekerjaan ini pada instansi pemerintahan, layanan kesehatan, keuangan, transportasi dan yang lainnya. 

7. Programmer

Profesi menjadi seorang Programmer yang mana harus menguasai bahasa pemrograman untuk membangun sebuah sistem aplikasi. Banyak perusahaan startup yang membutuhkan seorang Programmer untuk membangun dan mengembangkan sebuah sistem berupa aplikasi maupun website perusahaannya. Lulusan TKJ sudah dibekali dasar-dasar bahasa pemrogaman yang mana bisa di pelajari lebih lanjut untuk menjadi seorang programmer. 

KESIMPULAN

Demikian pembahasan tentang pengertian dan peluang kerja jurusan TKJ sudah kami jabarkan pada artikel ini. Bagi Anda yang masih bingung untuk jurusan apa yang akan diambil, jurusan TKJ bisa menjadi pilihan Anda untuk melanjutkan pendidikan di jenjang SMK dan banyak peluang kerja yang bisa didapat setelah lulus nanti. 




Finna Komara
Finna Komara Hello, I'm Finna Komara, I'm from Medan (Indonesia). Blogging is one of my main hobbies, and a job that makes me happy!

Post a Comment for "Pengertian Jurusan TKJ dan Apa Saja Peluang Kerja Jurusan TKJ"