Contoh Soal TKJ Kelas XI Essay dan Jawabannya

Contoh Soal TKJ Kelas XI Essay dan Jawabannya

Apakah Anda sedang mencari contoh soal TKJ kelas XI essay? Jika iya, Komara Tech punya kumpulan soal dari berbagai mata pelajaran yang sangat sayang jika dilewatkan. Soal essay sebenarnya digunakan guru untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi yang sudah disampaikan.

TKJ atau Teknik Komputer Jaringan sendiri merupakan salah satu jurusan yang cukup banyak peminatnya. Selain praktek, siswa juga dituntut memahami teori dari materi yang sudah diberikan. Karena sebelumnya sudah membahas Contoh Soal TKJ Kelas X Pilihan Ganda dan Jawabannya untuk mendapatkan pembahasan serta materi yang lebih lengkap lagi adik-adik bisa mempelajari 20 Contoh Soal Troubleshooting Komputer Essay dan Jawabannya

Baiklah, dengan begitu kami akan membagikan  Contoh Soal TKJ Kelas XI Essay beserta Jawabannya. Mari simak lebih lanjut pada pembahasan dibawah ini.

Soal Essay TKJ Dan Jawabannya Lengkap

Selain pilihan ganda, biasanya terdapat soal essay yang butuh penjabaran lebih rinci untuk menjawabnya. Sama seperti menjawab contoh soal pemrograman web PHP essay yang butuh fokus tinggi, soal essay TKJ juga menuntut konsentrasi tinggi untuk bisa memahami intinya. Berikut ini contoh soal essay jurusan TKJ : 

1. Apakah yang dimaksud dengan sistem operasi jaringan?
Jawaban:
Sistem operasi jaringan ialah sebuah jenis sistem operasi yang ditujukan untuk menangani jaringan. 

2. Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis sistem operasi jaringan!
Jawaban:
Ada dua jenis sistem operasi jaringan yang terdiri dari open source dan close source. 
  • Open source adalah software yang kode pemrogramannya bersifat terbuka dan disediakan oleh developer secara umum agar dapat diubah ataupun dikembangkan secara lebih lanjut. Biasanya open source bisa dinikmati secara gratis.
  •  Close source ialah sistem operasi yang kodenya tidak dapat diakses secara umum dan tidak dapat diubah. Hanya pihak developer yang mengetahui kode tersebut. Biasanya kode pada sistem operasi close source dibagikan melalui lisensi secara berbayar.
3. Sebutkan kelebihan dan kerugian sistem operasi open source!
Jawaban:
Kelebihan open source:
  • Dukungan dari developer lebih besar
  • Bersifat legal
  • Keamanan system
  • Hemat biaya karena bisa dinikmati secara gratis 
Kerugian open source:
  • Open source digunakan secara sharing 
  • Tidak adanya garansi dari pihak developer 
  • Terdapat kesulitan mengetahui status project 
4. Apa yang dimaksud dengan IP Address?
Jawaban: 
IP address ialah deretan angka yang dimiliki oleh perangkat seperti server website, komputer, ponsel, dan lain sebagainya yang berfungsi sebagai identitas unik karena angka-angka pada IP address berbeda pada setiap perangkat.

5. Sebutkan apa saja fungsi DNS (Domain Name System)!
Jawaban: 
  • DNS berfungsi untuk meminta informasi IP address dari sebuah website berdasarkan nama domain.
  • DNS berfungsi untuk meminta informasi URL sebuah website berdasarkan IP address yang dimasukkan.
  • DNS dapat menacri server yang tepat untuk mengirimkan email.

PENUTUP

Itulah contoh soal TKJ kelas XI pilihan ganda dan 5 soal essay TKJ dan jawabannya untuk siswa kelas XI. Semoga bermanfaat!
Finna Komara
Finna Komara Hello, I'm Finna Komara, I'm from Medan (Indonesia). Blogging is one of my main hobbies, and a job that makes me happy!

Post a Comment for "Contoh Soal TKJ Kelas XI Essay dan Jawabannya"