Begini Cara Mengatasi Windows Hard Drive Error

Begini Cara Mengatasi Windows Hard Drive Error

Tidak selamanya hard windows yang kita gunakan selalu berjalan dengan baik, ada waktu-waktu hardisk tersebut mengalami error, baik itu tidak terbaca, lemot, menyimpan, tidak bisa booting, kontrol fail, dan permasalahan lainnya. Tenang saja, Anda bisa memperbaiki hardisk yang rusak tersebut dengan beberapa cara. Lantas bagaimana cara mengatasi windows hard drive error fix? Berikut ulasannya :

Cara Memperbaiki Hard Error Bad Sector

Kerusakan hard karena bad sector ini dibedakan menjadi dua bagian, yaitu bad sector logic dan bad sector fisik seperti berikut:
  • Bad sector logic, Kerusakan pada bad sector logic dapat diperbaiki menggunakan software. Hal ini karena errornya disebabkan sistem partisi atau virus yang menyerang PC.
  • Bad sector fisik, error ini terjadi ketika kerusakan pada hard terlalu fatal diakibatkan piringan hardisk dan komponen-komponen di dalam hardisk yang mengalami kerusakan.
Untuk cara mengatasinya Anda bisa mengganti hardisk yang lama dengan yang baru, Anda
mendatangi service hardisk.

Cara Mengatasi Hard Drive Error Menggunakan Aplikasi

Piringan penyimpanan data yang ada dalam hardisk sangat mudah mengalami kerusakan, terutama ketika Anda tidak memperhatikan perawatannya. Untuk membedakan bad sector fisik dan logic, Anda bisa mencoba mengatasi masalah bad sector logic terlebih dahulu dengan memformat hardisk menggunakan software low format.  Cara format ini diperlukan untuk membantu mengembalikan sector-sector hardisk agar seperti baru dan menghapus sistem partisi yang kacau. Namun, Anda harus mempersiapkan hal berikut:
  1. Siapkan PC atau laptop dengan baterai penuh.
  2. Pasangkan hardisk yang rusak pada PC atau laptop sehingga ada 2 hardisk yang terpasang dalam satu PC.
  3. Download software yang digunakan untuk memperbaiki hardisk 
  4. Silakan klik Download Windows Installer dan segera install software tersebut.
  5. Buka software low level format dan pilih nama hard error yang akan di format.
  6. Pilih Continue dan klik Low Level Format, kemudian klik Format This Device.
  7. Silakan tunggu hingga proses selesai.
Kemudian Anda harus membuat partisi yang baru. Hal ini karena hardisk yang telah diformat menjadi baru dan tanpa partisi lagi sama seperti pertama kali Anda membeli hardisk. 

Cara Mengatasi Hard Drive Error “HDD Controller Failure”

Umumnya kerusakan ini terjadi ketika Anda menghidupkan komputer dan tiba-tiba muncul pesan error “Hdd controller failure” saat komputer baru menyala. Hal ini terjadi karena jumper master, cable select, slave yang belum terpasang atau terjadi kesalahan saat dipasang. Untuk cara mengatasi Windows hard drive error fix ini, Anda bisa memeriksa kembali pemasangan jumper slave harddisk, dan mengecek kabel colokannya apakah terjadi masalah atau tidak. Jika ternyata ada masalah, Anda bisa memasang jumper dengan posisi master.

Demikian cara mengatasi Windows hard drive error fix yang bisa Anda coba lakukan. Semoga membantu.
Finna Komara
Finna Komara Hello, I'm Finna Komara, I'm from Medan (Indonesia). Blogging is one of my main hobbies, and a job that makes me happy!

Post a Comment for "Begini Cara Mengatasi Windows Hard Drive Error "