Contoh Soal BIOS Essay Beserta Jawabannya

Contoh Soal BIOS Essay Beserta Jawabannya

Di bawah ini adalah contoh soal BIOS essay beserta jawabannya. Bagi teman-teman kelas X yang mengambil jurusan ilmu teknologi komputer, tentu sudah tidak asing dengan istilah BIOS. BIOS sendiri merupakan perangkat lunak atau program antarmuka tingkat dasar yang memiliki fungsi untuk mengatur proses input dan output data pada sistem komputer.

Materi tentang konfigurasi BIOS memerlukan pembelajaran yang cukup dalam untuk mendapatkan pemahaman lebih agar bisa menguasai keseluruhan materi. Salah satunya seperti mengerjakan latihan soal dan melakukan praktek, pada artikel ini Komara Tech akan membantu adik-adik dengan mengerjakan latihan soal essay tentang BIOS. 

Selain BIOS, adik-adik juga bisa mempelajari materi lain yang berkaitan seperti Contoh Soal Troubleshooting Komputer Essay dan Jawabannya. Baiklah, untuk lebih jelasnya berikut ini kami bagikan contoh soal dan jawabannya pada pembahasan dibawah ini.

5 Contoh Soal BIOS Essay Beserta Jawabannya

Contoh soal ini dapat adik-adik jadikan sebagai bahan referensi untuk belajar, mengerjakan tugas maupun persiapan ujian. Berikut 5 contoh soal essay BIOS dan jawabannya : 

1.   Jelaskan apa yang dimaksud dengan BIOS.
Jawaban: 

BIOS atau Basic Input Output System adalah sebuah komponen komputer yang berupa perangkat lunak. Secara fisik BIOS memiliki bentuk layaknya chip yang tersimpan di dalam ROM secara sistematis. Ketika menyalakan komputer, program yang pertama kali dijalankan bukanlah sistem operasi seperti Linux atau Windows, melainkan BIOS.

Saat BIOS sudah berjalan, berlangsung proses pengecekkan hardware. Apabila semua elemen
hardware dipastikan berjalan dengan baik, maka komputer akan menjalankan sistem operasi.
 
2.   Apa saja fungsi dari BIOS?
Jawaban: 
BIOS memiliki beberapa fungsi penting diantaranya : 
  1. Sebagai penunjang proses inisialisasi komputer
  2. Mengecek sejumlah elemen hardware
  3. Pengaturan keyboard dan USB
  4. Pengaturan proses booting
  5. Pengaturan media penyimpanan
  6. Pengaturan waktu
3.   Sebutkan tiga komponen yang ada pada BIOS
Jawaban: 
BIOS Setup, Bootstrapper dan Driver
 
4.   Sebutkan Macam-macam BIOS
Jawaban: 
AMI BIOS, Award BIOS dan Phoenix BIOS
 
5.   Bagaimana cara setting BIOS ketika akan melakukan instal ulang menggunakan USB?
Jawaban: 
Pertama, tancapkan USB yang sudah berisi sistem operasi pada port yang tersedia dan lakukan restart. Ketika layar monitor berwarna hitam tekan tombol F2 atau Delete atau F10, tergantung jenis komputernya.

Setelah masuk ke dalam sistem BIOS, carilah menu yang berhubungan boot atau booting, misalnya Boot Device Priority. Kemudian gunakan tombol panah kanan atau kiri untuk mengaturnya. Apabila pengaturan boot telah selesai dilakukan, selanjutnya tekan tombol F10 untuk menyimpan pengaturan dan melakukan restart komputer.

PENUTUP

Demikianlah ulasan mengenai 5 contoh soal BIOS essay beserta jawabannya. Apabila teman-teman ingin mengerjakan contoh soal BIOS bersama dengan kelompok belajar, silakan bagikan link artikel ini melalui media sosial favorit kalian. Namun pastikan untuk tidak memposting ulang artikel ini
di blog milik pribadi. Semoga bermanfaat!
Finna Komara
Finna Komara Hello, I'm Finna Komara, I'm from Medan (Indonesia). Blogging is one of my main hobbies, and a job that makes me happy!

Post a Comment for "Contoh Soal BIOS Essay Beserta Jawabannya"