Contoh Soal Budidaya Tanaman Hias Essay dan Jawabannya

Contoh Soal Budidaya Tanaman Hias Essay dan Jawabannya

Soal Budidaya Tanaman Hias Essay beserta Jawabannya menjadi salah satu materi yang membutuhkan pemahaman lebih untuk mengerjakannya. Untungnya, artikel kali ini membahas contoh soal budidaya tanaman hias yang dapat dijadikan bahan untuk latihan dirumah. Soal terdiri dari 5 essay dengan tipe soal dari mudah hingga sulit. 

Budidaya tanaman hias adalah salah satu teknik usaha pembibitan yang mengembangkan jenis tanaman hias dengan menggunakan teknik-teknik tertentu untuk menanam tanaman holtikultura, buah-buah hingga tanaman sayuran. Untuk memahami lebih lanjut tentang budidaya tanaman hias mari simak contoh soal essay berikut ini agar membantu adik-adik dalam proses pembelajaran.

5 SOAL ESSAY BUDIDAYA TANAMAN HIAS 

Dibawah ini tersedia 5 butir contoh soal budidaya tanaman hias yang sudah dilengkapi dengan jawaban yang benar dan jelas. Baiklah berikut ini Contoh Soal Budidaya Tanaman Hias Essay : 

1. Sebutkan 5 manfaat tanaman hias bagi lingkungan dan kesehatan tubuh!
Jawaban: 
  • Tanaman hias dapat meningkatkan kualitas udara karena berfungsi menyerap racun penyebab polusi.
  • Tanaman hias dapat menurunkan stres dan membuat suasana jadi lebih tenang, segar, sejuk,serta meningkatkan suasana hati. Membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi karena mampu meningkatkan kada oksigen diudara.
  • Tanaman hias membantu melembapkan udara karean menghasilkan uap air.
  • Tanaman hias membantu menyingkirkan racun dan senyawa berbahaya yang ada di lingkungan sekitarnya.
2. Terangkan perbedaan pupuk anorganik dengan pupuk organik!
Jawaban:
  •  Pupuk organik memiliki kandungan hara yang berasal dari bahan-bahan alami seperti kotoran dan sisa makhluk hidup. Sedangkan pupuk anorganik kandungan unsur hara di dalamnya berasal dari bahan kimia atau sintetis.
  • Pupuk organik mengandung bahan-bahan alami yang tidak menyebabkan pencemaran dan kandungannya sangat dibutuhkan tanaman. Sementara pupuk anorganik unsur-unsurnya terdiri dari bahan kimia yang dicampur dengan pupuk.
  • Pupuk organik memiliki reaksi yang sangat lambat terhadap tanaman karena unsur hara yang kecil. Sedangkan pupuk anorganik bisa membuat tanah menjadi keras dan padat jika digunakan secara terus menerus.

3. Sebutkan ciri-ciri tanaman paku tanduk rusa!
Jawaban: 
  • Paku tanduk rusa hidup menempel di pohon besar dan tidak bersifat parasit.
  • Memiliki akar tanaman yang berserabut dengan bagian batang rimpang yang tegak panjang daN berbulu.
  • Paku tanduk rusa memiliki daun berbentuk majemuk berwarna kehijauan yang tepiannya bergelombang dan permukaan berbulu halus.
  • Paku tanduk rusa memiliki spora yang terdapat pada sporangia dan terlindungi sori yang tumbuh menggerombol di bagian bawah ental fertil.

4. Tuliskan 4 jenis tanaman hias buah kecil!
Jawaban: Jeruk hias, Lilly Pilly, Apel bonsai, Pohon zaitun mini.

5. Sebutkan 5 jenis tanaman hias yang tidak termasuk ke dalam tanaman bunga!
Jawaban: Monstera, Sirih gading, Tanaman paku, Lidah mertua (Sansevieria), Kaktus.

PENUTUP

Demikian contoh soal dan jawaban dari materi budidaya tanaman hias yang dapat membantu adik-adik mengerjakan tugas maupun PR yang diberikan oleh guru. Semoga bermanfaat!

Finna Komara
Finna Komara Hello, I'm Finna Komara, I'm from Medan (Indonesia). Blogging is one of my main hobbies, and a job that makes me happy!

Post a Comment for "Contoh Soal Budidaya Tanaman Hias Essay dan Jawabannya"