Contoh Soal Pemrograman Dasar Essay dan Jawabannya

Contoh Soal Pemrograman Dasar Essay dan Jawabannya

Apakah Anda tertarik untuk masuk SMK jurusan Pemrograman Dasar? Jika iya, pastinya penasaran bukan akan apa saja soal yang diujikan di jurusan tersebut, bukan? Untuk itulah, di artikel berikut ini akan kita rangkum mengenai contoh soal Pemrograman Dasar essay dan jawabannya yang bisa Anda pelajari di rumah.

Karena sebelumnya kami sudah banyak membahas contoh soal pemrograman yang bisa adik-adik lihat di artikel berikut untuk mempelajari pemrograman lebih dalam lagi. Karena dengan berlatih soal akan membantu proses pemahaman tentang pemrograman teori. 

Kumpulan Soal Pemrograman Dasar essay

Berbagai contoh soal jurusan Pemrograman Dasar yang juga hampir sama dengan contoh soal TKJ
kelas XI pilihan ganda yakni sebagai berikut :

1. Apakah yang dimaksud dengan konsep dasar dalam pemrograman dasar?
2. Jelaskan pengertian dari Pseude code dan contohnya!
3. Apa yang dimaksud dengan istilah logika?
4. Jelaskan pengertian dari flowchat!
5. Coba definisikan makna dari istilah algoritma!
6. Apakah yang dimaksud dengan array dua dimensi?
7. Struktur kontrol percabangan dalam pemrograman adalah…
8. Sebutkan contoh struktur kontrol dalam pemrograman!
9. Apakah fungsi dari struktur kontrol percabangan?
10. Apakah kegunaan dari fungsi I?

Jawaban soal Pemrograman Dasar

Mengenai soal Pemrograman Dasar essay dan jawabannya bisa Anda lihat di penjelasan berikut ini.

1. Pemrograman dasar umumnya diartikan sebagai suatu proses, cara dan juga perbuatan program. Dimana konsep dasar di dalamnya meliputi input, proses dan output.

2. Pseude dikenal sebagai imitasi dan code merupakan kode yang dihubungkan dengan menggunakan instruksi yang ditulis dalam bahasa komputer / kode bahasa pemrograman. Contohnya yakni seperti bentuk, bentuk percabangan dan bentuk perulangan.

3. Logika sendiri merupakan suatu istilah yang memiliki arti sebagai sesuatu yang diutarakan atau suatu pertimbangan akal (pikiran), kata, percakapan maupun ungkapan melalui bahasa.

4. Flowchart merupakan bagan (chart) yang menunjukkan sebuah alir (flow) di dalam program / prosedur sistem secara logika sebagai alat bantu komunikasi dan sebagai media dokumentasi.

5. Algoritma sendiri dikatakan sebagai urutan langkah – langkah yang logis mengenai penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis untuk dapat menentukan nilai salah dan benar.

6. Array dua dimensi yakni merupakan suatu kumpulan data yang di dalamnya memiliki nama dan dipe data yang sama dengan elemennya bisa diakses menggunakan 2 buah index, baik index baris dan index kolom.

7. Struktur kontrol percabangan adalah suatu algoritma program yang memiliki kondisi untuk menentukan perintah – perintah yang akan dijalankan suatu program.

8. Beberapa contoh struktur kontrol percabangan di antaranya yakni perulangan for, perulangan while dan perulangan do-while.

9. Fungsi dari struktur kontrol percabangan yakni untuk dapat menentukan perintah – perintah yang akan dijalankan oleh suatu program.

10. Pada dasarnya, fungsi I merupakan satu blok kode yang berfungsi untuk melakukan tugas tertentu sesuai dengan istruksi yang dieksekusi.

PENUTUP

Demikian contoh soal pemrograman dasar essay telah kami bagikan, bagi Anda yang ingin menyalin soal tersebut pastikan untuk memberikan sumber terkait yaitu Komara Tech. Semoga membantu!
Finna Komara
Finna Komara Hello, I'm Finna Komara, I'm from Medan (Indonesia). Blogging is one of my main hobbies, and a job that makes me happy!

Post a Comment for "Contoh Soal Pemrograman Dasar Essay dan Jawabannya"