Contoh Soal Sosiologi Kelas 11 Essay dan Jawabannya

Contoh Soal Sosiologi Kelas 11 Essay dan Jawabannya

Inilah Contoh Soal Sosiologi Kelas 11 Essay dan Jawabannya. Sosiologi merupakan suatu jenis ilmu yang membahas mengenai suatu aspek mengenai kehidupan sosial atau masyarakat yang memiliki sifat positif yang didasari dengan pemikiran rasional.

Dalam pelajaran sosiologi itu kita akan mempelajari perilaku manusia dalam suatu lingkup kelompok yang sedang dibangun untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Yang termasuk kedalam golongan tersebut yaitu keluarga, suku bangsa, negara sampai dengan organisasi publik yang ada. 

Manfaat yang akan Anda dapatkan dari latihan soal ini salah satunya yaitu akan memahami lebih dalam mengenai sifat sosial manusia dan juga dapat memecahkan suatu permasalahan yang ada dalam ranah sosial yang ada di masyarakat.  Mata pelajaran ini sudah diajarkan di kelas 11, lalu apa saja contoh soal sosiologi kelas 11 Essay dan jawabannya? Simak artikel berikut ini.

Baca Juga : Contoh Soal Sosiologi Kelas 12 Essay dan Jawabannya

Soal dan Jawaban Sosiologi Essay dan Jawabannya

Berikut adalah Contoh Soal Sosiologi Kelas 11 Essay dan Jawabannya yang dapat menjadi referensi bagi Anda yaitu:

1. Terdapat suatu paham yang telah beranggapan bahwasannya suatu kelompok itu lebih baik daripada kelompok lainnya, disebut?
Jawaban : Priomordialisme

2. Apakah yang dimaksud dengan pelapisan sosial yang ada dalam suatu masyarakat?
Jawaban : Suatu jenis perbedaan tinnggi atau rendahnya suatu kedudukan dalam masyarakat dibandingkan dengan orang lain

3. Apa saja macam diferensiasi sosial berdasarkan suatu kondisi sosial kultural yang ada di negara Indonesia?
Jawaban : Diferensiasi agama, diferensiasi suku agama, klan dan diferensiasi dalam profesi

4. Bagaimana caranya melakukan penyusunan pelapisan sosial yang didasari pada kriteria ekonomi?
Jawaban : Dalam melakukan penyusunan pelapisan sosial itu memiliki cara tersendiri yaitu terdiri kelompok sosial yang berdasar pada tingkat kekayaan

5. Apa saja macam-macam dari diferensiasi itu?
Jawaban : Diferensiasi tingkatan, diferensiasi fungsional, dan diferensiasi kultural.

6. Pada diferensiasi sosial itu dapat diubah menjadi lapisan sosial, kapan dilakukannya?
Jawaban : Pada diferensiasi sosial itu dapat diubah menjadi lapisan sosial jika perbedaan yang terjadi telah mengarah pada suatu perbedaan yang menunjukkan tinggi rendahnya tingkat sosial yang sedang terjadi.

7. Apa saja dampak atau konsekuensi yang akan didapatkan jika terjadi diferensiasi umut yang ada pada kehidupan masyarakat?
Jawaban : Dampak atau konsekuensi yang akan didapatkan jika terjadi diferensiasi salah satunya dapat disegani serta karakter seperti perilaku akan semakin disoroti oleh masyarakat luas sehingga harus mencermirkan keteladanan.

PENUTUP

Demikian hal diatas adalah berbagai contoh soal sosiologi kelas 11 essay yang telah disertai dengan penjelasan jawaban. Semoga membantu dan bermanfaat!
Finna Komara
Finna Komara Hello, I'm Finna Komara, I'm from Medan (Indonesia). Blogging is one of my main hobbies, and a job that makes me happy!

Post a Comment for "Contoh Soal Sosiologi Kelas 11 Essay dan Jawabannya"