Kegunaan dan Cara Menggunakan Windows Event Viewer Analysis

Kegunaan dan Cara Menggunakan Windows Event Viewer Analysis

Windows Event Viewer adalah salah satu fitur Microsoft Windows yang menunjukkan dan mencatat setiap event windows secara detail, terutama semua event yang berkaitan dengan kegiatan administratif. Windows Event Viewer ini memiliki banyak kegunaan dan berikut cara menggunakan Windows Event Viewer Analysis.

Apa Fungsi Windows Event Viewer?

 Aplikasi ini bertugas untuk mencatat segala log kejadian atau event yang terjadi di Windows secara detail dan lengkap. Kejadian yang dicatat mulai dari hardware seperti input dan output, perubahan hardware seperti kartu VGA, RAM, dll, konektivitas seperti LAN dan Wi-Fi dan aktivitas-aktivitas lainnya. Tidak hanya itu, ketika terjadi error atau crash, Windows Event Viewer juga akan mencatatnya.

Dengan Windows Event Viewer yang secara detail mencatat semua kegiatan di komputer, Anda bisa mendapatkan rekaman utuh tentang semua kejadian, sehingga ketika terjadi kesalahan atau error, Anda bisa mengidentifikasi secara tepat letak errornya, dan bisa mencari solusi yang spesifik dan tepat.

Untuk permasalahan yang sering terjadi atau umum didapatkan banyak pengguna, Windows Event Viewer biasanya akan sekaligus memberitahu pengguna tentang solusinya. Tapi jika masalah yang terjadi adalah baru dan belum pernah terjadi sebelumnya, Anda perlu mencari sendiri solusinya di website support Microsoft.

Cara Menggunakan Windows Event Viewer Analysis

Cara menggunakan Windows Event Viewer Analysis ini sangat mudah. Anda perlu mengetik Event Viewer di menu start, Anda kemudian akan melihat Summary of Administrative Events yang adalah laporan secara umum. Untuk lebih detailnya, Anda perlu meng-klik Event Viewer, kemudian Custom Views, lalu pilih Administrative Events.

Anda di sini akan melihat semua rekaman kejadian administratif di komputer Anda, kemudian Anda bisa melihat di mana kesalahan atau error terjadi. Kesalahan yang perlu diperbaiki segera akan berlabel error atau critical.

Jika Anda ingin sekaligus mencari solusi dari error yang terjadi, di tab general akan ada penjelasan tentang error yang terjadi. Ada detil error saja, dan ada detail error beserta solusi yang bisa Anda coba sebagai pengguna.

Jika solusi perbaikan sudah tersedia, Anda bisa tinggal mengikutinya saja. Namun jika solusi tidak disediakan, Anda bisa mencarinya sendiri di internet. Caranya pun tidak sulit, akan banyak forum yang akan membantu Anda mengatasi error yang Anda alami. Untuk mendapatkan solusi yang lebih detail, Anda bisa mengetik tipe error beserta dengan Event ID-nya. 

Itu dia penjelasan dan cara menggunakan Windows Event Viewer Analysis. Walaupun bisa sangat membantu, terkadang fitur ini juga memberitahukan error yang sebenarnya tidak mengganggu. Anda perlu memilih mana masalah yang perlu diselesaikan dan mana yang tidak.
Finna Komara
Finna Komara Hello, I'm Finna Komara, I'm from Medan (Indonesia). Blogging is one of my main hobbies, and a job that makes me happy!

Post a Comment for "Kegunaan dan Cara Menggunakan Windows Event Viewer Analysis"