TikTok Diblokir Banyak Negara, Bagaimana Nasib Influencer?

TikTok Diblokir Banyak Negara, Bagaimana Nasib Influencer?

Aplikasi hiburan paket lengkap TikTok mulai diblokir di beberapa negara, termasuk Amerika Serikat, Kanada dan Uni Eropa. Pemerintahan AS sedang membangun regulasi baru yaitu "Restric" yang nantinya AS akan menyeleksi aplikasi-aplikasi yang berisiko terhadap negaranya, salah satunya adalah TikTok.

Amerika Serikat menuntut pemilik TikTok di China untuk segera melepaskan sahamnya pada aplikasi TikTok ini. Jika tidak mereka akan memblokir aplikasi TikTok secara permanen. Salah satu permasalahan yang membuat AS memutuskan untuk memblokir TikTok dari HP pegawai pemerintahannya karena TikTok menyimpan data yang tidak terjamin kemananannya. AS mengkhawatirkan ByteDance akan mengirim data-data yang terbilang sensitif ke pemerintahan China.

Sebenarnya, beberapa negara seperti Kanada dan Belgia sudah membatasi instalasi TikTok di HP para pegawai pemerintahnya, karena ditakutkan adanya konten yang dimanfaatkan China yang akan disebarluaskan.

Austalia juga sudah melarang keras adanya aplikasi TikTok di HP pemerintah karena data yang dikumpulkan sangat berisiko bagi negaranya. Sejauh ini keputusan untuk menghapus dan memblokir TikTok dari HP pemerintah sudah dilakukan sebagai langkah awal dari pencegahan untuk mengamankan data-data sensitif perusahaan. 

Lalu, bagaimana nasib Influencer disana? dan bagaimana bisnis dan kerja sama yang mereka jalankan melalui aplikasi TikTok ini? Bahkan, pemerintah Australia kini sudah meningkatkan Protective Security Policy Framework (PSPF) hingga TikTok sudah dinobatkan sebagai aplikasi yang mengancam data. 

Namun, pemerintah Australia tetap memberikan izin resmi bagi mitra dan pengguna TikTok yang bekerja sama bisnis untuk tetap dapat bertransaki namun dengan sofware yang terpisah. Hal ini ditakutkan data-data penting yang ada di HP pegawai akan bocor kepada pihak China. 

Langkah tegas yang diambil oleh beberapa negara ini sudah menjadi langkah yang matang dan akan segera bahkan sudah diterapkan oleh negara lainnya. Jadi, bagaiaman menurut Anda tentang permasalahan yang terjadi? komen dibawah untuk bisa berdikusi, ya! 

Finna Komara
Finna Komara Hello, I'm Finna Komara, I'm from Medan (Indonesia). Blogging is one of my main hobbies, and a job that makes me happy!

Post a Comment for "TikTok Diblokir Banyak Negara, Bagaimana Nasib Influencer?"