Pada materi kelas 10 multimedia kalian akan di ajarkan mengenai penggunaan data algoritma dan konsep algoritma dalam Bahasa pemograman, materi tersebut merupakan pelajaran dasar yang harus di pahamai dan di pelajari oleh para siswa kelas 10 dengan jurusan multimedia, di karenakan materi ini adalah kunci untuk memahami semua jenis pembelajaran selanjutnya mengenai pemograman dasar.
Dan untuk memahami materi lebih jauh lagi pastikan kalian pelajari terlebih dahulu tentang berbagai macam istilah yang memiliki kaitannya dengan bidang pemograman, Karena istilah pemograman yang perlu kalian pahami tidak sedikit, sehingga harus benar-benar cermat memahami dan membedakan istilah-istilah tertentu.
Hal yang kebanyakan siswa kelas 10 alami yaitu tentang kesalahan dalam membedakan istilah seperti program, programmer, dan Bahasa pemograman, mungkin sekilas istilah tersebut hampir mirip, tetapi perlu kalian ketahui bahwa mempelajari konsep algoritma harus dapat membedakan arti dari kata-kata tersebut, di karenakan berbeda istilah atau kata maka berbeda juga arti dan penjelasannya.
Pada materi pembelajaran multimedia kelas 10 juga kalian juga perlu memahami tentang desain algoritma atau yang biasa di sebut dengan diagram alur, biasa nya pada materi tentang ini kalian harus memahami tentang menghitung suatu bilangan, dan di perlukan pemahaman yang matang karena jika salah dalam perhitungan maka akan salah pula hasil bilangan yang di dapatkan.
Pada materi kelas 10 juga para siswa sudah harus memahami tentang dasar algoritma, definisi algoritma, serta perbedaan algoritma dan program, biasanya masing-masing guru jika telah memberikan materi tentang dasar ini maka tahap selanjutnya akan melakukan ujian tes tentang evaluasi materi tersebut, dengan tujuan untuk mengukur sejau mana siswa dapat memahami materinya.
Dan untuk pembelajaran selanjutnya kalian harus mengetahui tentang keuntungan pembuatan algoritma, jadi kalian harus mengetahui apa saja manfaat dari membuat algoritma tersebut, karena materi tersebut akan keluar pada ujian yang akan dating baik itu pilihan ganda maupun soal essay, jadi pastikan kalian telah mempelajarinya.
Pada kelas 10 multimedia juga kalian akan mempelajari bagaimana cara menginstalasi software pada komputer atau laptop, serta penjelasan mengenai system operasi dan bagaimana konsep dasar instalasi system operasi, karena dalam melakukan instalasi tidak sembarangan, di perlukan pengetahuan agar instalasi tidak mengalami masalah, dan proses harus berjalanan hingga selesai tanpa ada masalah sedikit pun.
Pada materi kelas 10 ini juga siswa harus mengerti apa tiu input dan output pada system computer, karena memang ini merupakan sebuah pengenalan dasar agar siswa mengetahui pembelajaran tentang system operasi, dan kalian juga harus mengetahui perbedaan antara perangkat keras dan perangkat lunak, karena sudah pasti soal seperti itu akan keluar dalam ujian.
Tujuan dari pembelajaran materi kelas 10 yaitu agar kalian dapat memcahkan masalah secara mandiri, jika terjadi suatu hal dalam kehidupan sehari-hari atau dunia pekerjaan, di karenakan pada jurusan multimedia para siswa harus sudah mengerti dan paham tentang sistem algoritma, serta harus sudah tau cara nya membuat metode perancangan system algoritma.
Pada artikel kali ini kami akan membagikan 70 soal dan jawaban tentang materi multimedia kelas 10 secara lengkap,pada soal kali ini akan berbentuk pilihan ganda dan jawaban pada soal di tandai dengan bold atau tulisan berwarna hitam, pada soal di bawah akan membahas tentang pengenalan dasar algoritma, penggunaan data algortima, konsep, struktur dan analisis algoritma, dan lain-lain yang masih berhubungan dengan materi kelas 10 multimedia, berikut ini adalah 70 soal beserta jawabannya.
1. Urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang di susun secara sistematis adalah pengertian dari..
A. Sistem operasi
B. Algoritma
C. Analisis Data
D. Menganalisa kesalahan
E. Analisis
2. Salah satu bagian dari struktur penulisan algoritma yaitu…
A. Bagian kepala (header)
B. Bagian Pertengahan
C. Bagian system kalibrasi
D. Bagian manajem utama
E. Bagian Manajemen Proses
3. Instruksi standar untuk memerintah komputer yang memiliki fungsi tertentu disebut …
A. Struktur pemograman
B. Penggunaan tipe data
C. Analisis algoritma
D. Bahasa pembograman
E. Kesalahan dalam program
4. Di bawah ini adalah salah satu contoh yang termasuk set aturan sintaks dan semantik yang dapat di operasikan untuk melaksanakan program computer, kecuali….
A. Basic
B. C
C. C++
D. Cobol
E. Miscrosoft 2010
5. Proses menulis, menguji, serta memperbaiki suatu masalah dalam system operasi dan juga kegiatan membangun sebuah program computer adalah istilah dari…
A. Install software
B. Penggunaan data
C. Pemograman
D. Perangkat hardware
E. Istilah programer
6. Berikut ini adalah beberapa hal yang di perlukan untuk melakukan pemograman yaitu kecuali…
A. Bahasa pemograman
B. logika
C. keterampilan dalam algoritma
D. Ilmu pengetahuan alam
E. Dasar pemograman
7. Nama lain dari istilah program yaitu…
A. Hardware
B. Malware
C. Software
D. AVG
E. Visual basic
8. Orang yang bertugas membuat program disebut…
A. Gamers
B. Programer
C. Progaming
D. Proscene
E. Proplayer
9. Merancang teknis pemecahan masalah suatu program adalah tujuan dari pembuatan..
A. Flowchart
B. Perhitungan matematika
C. Produ
D. Robot penghitung
E. Konsep algoritma
10. Seorang programmer sedang membuat suatu program dengan menggunakan perangkat lunak di sebut..
A. Troubleshooting
B. Branding
C. Flowchart
D. Teknisi
E. Coding
11. Perawatan suatu program agar program tersebut terpantau agar tidak mengalami masalah merupakan tahap dari..
A. Pemasaran program
B. Pemograman
C. Pemeliharaan program
D. Permasalahan program
E. Pemberhentian program
12. Kata algoritma berasal dari kata …
A. Algoritmas
B. Algorisme
C. Algorasmi
D. Algoresmi
E. Algorism
13. Di bawah ini yang termasuk dari arti algoritma adalah..
A. Proses perhitungan huruf
B. Proses perhitungan jumlah
C. proses pembuatan produk
D. Proses menghitung angka arab
E. Proses menghitung angka kematian
14. Salah satu contoh algoritma yang biasa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari yaitu, kecuali….
A. Mendownlaod aplikasi
B. Bermain game
C. Memasak nasi
D. Menginstall aplikasi
E. Menggunakan mesin pencarian google
15. Urutan penyelesaian masalah yang di susun dengan sistematis secara logika adalah defenisi dari..
A. Pengetahuan
B. Penyelsaian masalah
C. Pemograman
D. Algoritma
E. Aljabar
16. Tombol pada keyboard yang di gunakan untuk melakukan convert ke symbol adalah …
A. F8
B. F1
C. F3
D. CTR
E. Insert
17. Berikut ini merupakan salah satu aplikasi yang digunakan untuk membuat animasi yaitu…
A. Java
B. Smadav
C. AVG
D. Notepad
E. Paint
18. Suatu garis yang berfungsi untuk mengontro animasi yaitu..
A. Propties
B. Panel
C. Timeline
D. Coreldraw
E. References
19. Animasi bias yang dapat mengubah suatu bentuk menjadi huruf disebut…
A. Alight motion
B. Motion HD
C. Motion flash
D. Motion Side
E. Motion Shape
20. Suatu gambar yang memiliki susunan dari beberapa titik warna dan disebut…
A. Bitcoin
B. Bitvid
C. BitRap
D. Bitmap
E. Png
21. Sebuah susunan grafik dan garus dalam sebuah gambar disebut…
A. Slide
B. Map
C. Mop
D. Motion
E. Layer
22. Untuk menambahkan warna pada pada bagian garis tepi yaitu bernama..
A. Stroke color
B. Shape
C. Layer
D. Erase
E. Paint
23. tombol pada keyboard yang berfungsi untuk menampilkan suatu text yang telah di copy yaitu..
A. CTR+C
B. CRTL+C
C. Shift+B
D. F4
E. CRTL+V
24. Tombol pada keyboard yang berfungsi untuk menyalin suatu text yaitu..
A. CTR+A
B. CTRL+A
C. CTRL+B
D. CTRL+C
E. CTRL+v
25. Berikuti ini yang merupakan aplikasi pembuat gambar dan layout yaitu..
A. Microsoft office
B. Capcut
C. Corel Draw
D. VSCO
E. Pixelab
26. Salah satu fungsi zoom dalam sebuah gambar yaitu..
A. Untuk memperkecil ukuran
B. Untuk menampilkan gambar
C. Untuk membuat gambar
D. Untuk memperbesar gambar
E. Untuk Menghapus gambar
27. Suatu objek yang dapat bergerak dalam Bahasa pemograman disebut..
A. Diskusi
B. Animasi
C. Kartun
D. Anime
E. Sinetron
28. Nama lain dari kata pengulangan dalam istilah pemograman yaitu…
A. Looping
B. Loobar
C. Loongtime
D. Loops
E. System
29. Dibwah ini adalah beberapa Bahasa pemograman, kecuali…
A. Ada
B. Algol
C. Aro
D. Ahol
E. Basic
30. Singkatan dari aro dalam bahasam pemograman yaitu…
A. Automatic Real Over
B. Automatic Roll Over
C. Automatis Roll Observ
D. Automatic Risk Over
E. Automation Render Over
31. Sebuah Bahasa pemograman yang memiliki tingkat tinggi dan biasanya digunakan untuk memperbaiki suatu masalah dalam persoalan dengan langkah yang terbatas disebut…
A. ALGOL
B. C++
C. ASP
D. BASIC
E. COMAL
32. ALGOL merupakan kepanjangan dari…
A. Algoritma Led
B. Alogaritma Lisk
C. Algoritm Leg
D. Algrotimis Language
E. Algorithcmic Language
33. Sebuah Bahasa pemograman computer dengan kedudukan di antara Bahasa mesin disebut…
A. Assembluy
B. Assemplay
C. Assembly
D. Assaist
E. Asseembis
34. Kode intuksi simbolis yang biasa di gunakan oleh para pemula disebut…
A. BASIC
B. Assembly
C. Aro
D. Ada
E. Visual
35. Secara umum bahasas pemograman computer terbagi menjadi…
A. 5
B. 7
C. 3
D. 4
E. 8
36. Merupakan inti dari sebuah halaman website yang telah di buat di sebut…
A. BASIC
B. COMAL
C. Visual basic
D. ASP
E. HTML
37. HTML adalah kepanjangan dari…
A. Hype Tool Mised Ligh
B. Hyper Text Markup Language
C. Hyper Text Mers Lag
D. Hyper Time Merc List
E. Hyper Tools Markup League
38. Tombol pada keyboard yang digunakan untuk selection tool yaitu…
A. T
B. H
C. Y
D. V
E. J
39. Memindahkan dan memilih objek adalah fungsi dari…
A. Corel draw
B. insert
C. Selection tool
D. Home
E. Page down
40. Perintah pada keyboard untuk melakukan export movie yaitu…
A. CTRL+ALT+DEL
B. CTRL+V
C. CTRL+C
D. CTRL+ALT+SHIFT+S
E. CTRL+ALT+TAB
41. Mengubah warna pada sentuhan gradasi adalah fungsi dari …
A. Gradient Transform Tool
B. Selection tool
C. Layout
D. Shape
E. Paint
42. Memberi sentuhan warna pada suatu objek adalah fungsi dari…
A. Shape
B. Font
C. Calibri
D. Fill Color
E. Font Color
43. Salah satu fungsi scanning gambar pada desain grafis yaitu…
A. Menduplikasi objek
B. Memperbesar objek
C. Menghapus objek
D. Memperkecil objek
E. Memotong objek
44. Memindai suatu objek adalah fungsi dari…
A. Scrab
B. Roller
C. Scam
D. Scanner
E. Print
45. Video adalah bentuk dari penerapan gambar pada…
A. Galeri
B. Multimedia
C. JPG
D. PNG
E. Mov
46. Salah satu elemen dasar pada multimedia yaitu…
A. Bioskop
B. Film
C. Suara
D. Foto
E. Text
47. Audio technical adalah sebuah penggunaan multimedia dalam bentuk…
A. Foto
B. Video
C. Suara
D. JPG
E. Edit
48. Dibawah ini yang merupakan bentuk dari elemen multimedia yaitu, kecuali…
A. Buku
B. Gambar
C. Audio
D. Animasi
E. Editing
49. Sebuah teknologi yang berfungsi untuk merekam dan membuat ulang gambar bergerak adalah pengertian dari…
A. Foto
B. Editing
C. Video
D. Penulisan
E. Penggambaran
50. Sebuah ilusi gerak yang berasal dari elemen gambar statis secara berturut-turut disebut…
A. Editing
B. Cuting
C. Director
D. Animasi
E. Advertising
51. Salah satu manfaat animasi dalam multimedia yaitu, kecuali…
A. Video menjadi lebih mendarik
B. Video menjadi buram dan tidak bagus
C. Meningkatkan kejernihan gambar
D. Membuat gambar lebih bagus
E. Meningkatkan tingkat kejernihan suara
52. Salah satu kekurangan dari bentuk video yaitu...
A. Penggunaan penyimpanan yang sedikit
B. Penggunaan penyimpanan yang besar
C. Membuat hiburan
D. Mudah untuk membuatnya
E. Mudah untuk melakukan editing
53. Orang yang membuat animasi disebut…
A. Programer
B. Progaming
C. Animator
D. Animasi
E. Animatur
54. Contoh alat multimedia yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari yaitu…
A. Pisau
B. Pulpen
C. Celengan
D. Televisi
E. Kipas angina
55. Suatu pembuatan scenario documenter dengan tujuan mencari keaslian sebuah cerita disebut dengan…
A. Melakukan riset
B. Melakukan Podcast
C. Berdialog
D. Mencari narasumber
E. Mencari gosip
56. Proses penyesuaian klip video atau gambar untuk memperbagus hasil foto atau video disebut…
A. Review
B. Mix
C. Animator
D. Anime
E. Editing
57. Suatu proses akhir ketika telah menyelesaikan editing video yaitu disebut proses…
A. Editing finish
B. Animation
C. Rendering
D. Deleting
E. Mixing
58. Orang yang bertugas untuk mengedit video disebut…
A. Animator
B. Editor
C. Kompresor
D. Advertising
E. Terminator
59. Proses menggabungkan unsur bagian dari suatu video seperti backsound, clip danlain lain, di sebut proses…
A. Editing
B. Animasi
C. Mixing
D. Review
E. Revisi
60. Dibawah ini yang merupakan cara merawat kamera dengan benar yaitu…
A. Menggunakan memory eror
B. Menggunakan tisu untuk membersihkan lensa
C. Mencuci kamera
D. Tidak menggunakan tempat khusus kamera
E. Membersihkan lensa dengan tangan
61. Salah satu website design yang digunakan untuk mendesain sebuah objek yaitu..
A. MacromediaFireworks
B. Macromediatama
C. Macromediainthesky
D. Macrorecorder
E. Macrobloody
62. Salah untuk mengurangi guncangan pada saat mengambil video yaitu, kecuali….
A. Gunakan Tripod
B. Gunakan Stand
C. Menggunakan stabilizer
D. Memegang kamera dengan tangan kosong
E. Sandarkan kamera pada benda diam
63. Membuat sebuah animasi 2 dimensi dengan gambar bersih dan tidak pecah yang harus kalian perhatikan yaitu…
A. Ukuran
B. Vektor
C. Resolusi
D. Citra
E. Color
64. Teknologi untuk membuat animasi 3 dimensi merupakan teknologi…
A. Resolusi
B. Advertising
C. CGI (Computer Generated Imaginary)
D. Aro
E. Vektor
65. Panel yang berfungsi untuk menampilkan bahan animasi terletak pada panel…
A. Stage
B. Actionscript
C. Timeline
D. Library
E. Font color
66. Proses memotong suatu video di sebut dengan proses..
A. Mixing
B. Cutting
C. Review
D. Revisi
E. Rendering
67. Untuk melakukan komposisi ulang pada gambar atau video untuk memperbaiki kesalahan atau kerusakan dapat di lakukan dengan…
A. Crop
B. Touching
C. Compotiting
D. Grouping
E. Cut
68. Jeda waktu pada saat pengambilan gambar menggunakan kamera di sebut…
A. Slowmotion
B. Velocity
C. Toucing
D. Frekuensi
E. Saturasi
69. Seseorang yang bertugas mengatur dalam proses pembuatan film disebut..
A. Aktor
B. Sutradara
C. Teknisi
D. Produsen
E. Crew
70. JPG merupakan file yang berbentuk …
A. Video
B. Gambar/Foto
C. Film
D. Aplikasi
E. Episode
Penutup
Itulah 70 soal materi multimedia beserta jawabannya, soal di atas merupakan sebuah bentuk kisi-kisi yang akan kemungkinan ada ketika ujian di laksanakan, jadikan contoh soal di atas sebagai bentuk pembelajaran kalian, dengan tujuan kalian mendapatkan pemahaman tentang ujian yang akan dating, Pantau terus website kami karena aka nada pembelajaran penting yang perlu kalian ketahui.
Post a Comment for "70 Soal Multimedia Kelas 10 Pilihan Ganda Beserta Jawabannya"
Post a Comment
Semua komentar yang Anda berikan akan saya moderasi untuk ditampilkan dalam halaman komentar. Harap berikan komentar yang tidak mengandung unsur hal negatif/spam. Terimakaksih