Multimedia adalah sebuah penggabungan teknologi yang mengkombinasikan beberapa macam media, seperti video, gambar, audio dan juga teks menjadi sebuah satu kesatuan yang bersifat interaktif, dengan teknologi multimedia siswa dapat berinteraksi dengan hal yang mencakup konten multimedia itu sendiri.
Salah satu contoh kegiatan yang berkaitan dengan teknologi multimedia yaitu seperti video animasi, game, presentasi, hingga e-book, multimedia juga biasanya digunakan untuk kepentingan pendidikan, hiburang, dan juga promosi suatu produk, karena keunggulan dari multimedia yaitu dapat menyampaikan informasi secara cepat dengan cara unik, interaktif dan menarik, jika di bandingkan dengan media statis.
Untuk membuat multimedia di perlukan software/perangkat lunak khusus yang memiliki fungsi mengolah berbagai jenis media untuk di jadikan satu kesatuan yang mengundang banyak pengunjung, ada beberapa software yang biasanya di gunakan sebagai kebutuhan multimedia yaitu adobe premiere, capcut, alight motion canva, prezi, adobe animate dan masih banyak yang lainnya.
Jurusan multimedia adalah suatu jurusan pada tingkat sekolah menengah ke atas yang memiliki focus pembelajaran terhadap multimedia, biasanya akan pada jurusan ini kalian akan di ajarkan desain grafis dan tentang penerapan teknologi multimedia dalam pembuatan suatu konten yang interaktif.
Pada jurusan multimedia tahap awal kalian akan melakukan pembelajaran seperti cara mengolah audio, cara mengolah video, membuat animasi, serta desain grafis, dan juga pengembangan website aplikasi multimedia, siswa pada jurusan multimedia juga akan di perkenalkan dengan aplikasi atau software yang memiliki fungsi khusus untuk mengoptimalkan pembelajaran multimedia.
Lulusan jurusan multimedia sangat berkemungkinan besar akan memiliki prospek dengan karir yang wawasannya luas di bidang teknologi media, hiburan, pengiklanan, karena beberapa lapangan pekerjaan yang dapat di ambil oleh lulusan multimedia yaitu seperti animator, game developer, web developer, multimedia designer, editor, dan lain-lain yang memiliki kelas tingkat atas.
Pada artikel kali ini kami akan membagikan 100 soal beserta jawaban dengan materi pembelajaran multimedia kelas 11 (XI), soal ini akan menjadi sebuah patokan dan kemungkinan pertanyaan akan keluar ketika dilaksanakannya ujian, bisa dibilang ini adalah sebuah kisi-kisi pertanyaan dan jawaban pada ujian multimedia kelas 11 (XI), berikut ini 100 soal dank unci jawabannya.
1. Multimedia berasal dari dua kata dalam Bahasa latin yaitu..
A. Medium dan Merc
B. Multi dan maria
C. Maria dan marsa
D. Multi dan medium
E. Medium dan Melat
2. Multi media juga dapat di artikan sebagai penggunaan berbagai macam media yang berbeda untuk menyampaikan informasi adalah penjelasan multimedia secara..
A. Biologi
B. Terminology
C. Geografi
D. Terimonator
E. Meluas
3. Berikut ini adalah beberapa definisi multimedia menurut beberapa para ahli yang benar, kecuali…
A. Kombinasi dari video dan computer
B. Kombinasi gabungan tiga elemen gambar suara teks
C. Kombinasi antara media input dan output
D. Pemanfaatan computer untuk menggabungkan dan membuat suatu teks
E. Kombinasi antara kesehatan jasmani dan rohani
4. Proses penggunaan dan membuat sebuah animasi, video, grapic, teks, merupakan pengertian dari multimedia…
A. Content production
B. Content creator
C. Pemasaran content
D. Penyampaian produk
E. penyampaian informasi
5. Menggunakan media masa seperti televisi, radio, dan internet untuk mempublikasikan suatur informasi atau hiburan adalah pengertian dari multimedia…
A. Compersesion
B. Penyiaran
C. Communication
D. Computer
E. Advert
6. Di bawah ini merupakan media yang digunakan oleh multimedia content production yaitu, kecuali…
A. Media video
B. Media Audio
C. Media koran
D. Media animasi
E. Special effect
7. Di bawah ini merupakan kategori media yang digunakan multimedia communication, kecuali…
A. Game
B. Music
C. Film
D. Radio
E. Spanduk
8. Berikut ini yang bukan termasuk komponen multimedia yaitu…
A. Penyiar
B. Grafik
C. Teks
D. Video
E. Audio
9. Tampilan yang dikenal dengan dengan istilah tipografi yaitu…
A. Grafik
B. Audio
C. Video
D. Teks
E. Kamera
10. Suatu sarana dalam pembentukan sebuah informasi yang lebih mudah untuk di pahami yaitu…
A. Suara
B. Koran
C. Grafik
D. Animasi
E. Kartun
11. Penyampaian informasi dalam bentuk suara disebut…
A. Grafik
B. Game
C. Koran
D. Audio
E. Animasi
12. Sebuah kumpulan gambar yang di kemas menjadi menarik sehingga gambar seperti hidup disebut..
A. Animasi
B. Editing
C. Finishing
D. Mixing
E. Grafik
13. Di bawah ini merupakan contoh kegiantan multimedia dalam kehidupan sehari-hari menurut Vaughan, kecuali..
A. Game
B. HP
C. Aplikasi
D. DVD
E. Kanotng plastik
14. Secara umum perangkat multi media terbagi menjadi dua yaitu..
A. perangkat perkakas dan perangkat menabung
B. Perangkat keras dan perangkat lunak
C. Perangkat alat tulis
D. Perangkat teknologi dan perangkat audio
E. perangkat shooting dan perangkat finishing
15. Perangkat seperti monitor, computer hardisk, merupakan perangkat ….
A. Kondektor
B. Konektor
C. Kondektur
D. Komunikasi
E. Kominfo
16. SCSI adalah kepanjangan dari…
A. Small computer system interface
B. Small computer system internal
C. Small computer system interkomunikasi
D. Small computer syster intelektual
E. small computer system intermedia
17. Berfungsi untuk mengendalikan suatu peripheral multimedia yang terhubung langsung dengan perangkat computer disebut…
A. Mega
B. MCL
C. MCU
D. MCI
E. Mute
18. MCI merupakan kepanjangan dari ….
A. Media contro interaktif
B. Media control interface
C. Medsos control interface
D. Media control internal
E. Media consumsi Internal
19. Merupakan sebuah media penyimpanan yang terhubung langsung dengan computer di sebut..
A. Antarmuka IDE
B. Perangkat keras
C. Perangkat lunak
D. Perangkat teknologi
E. Media
20. Sebuah socket plug and player yang memiliki fungsi menampilkan data disebut…
A. Alight
B. Editing
C. USB
D. Kabel mouse
E. Socket monitor
21. Kepanjangan dari USB adalah…
A. Unigmis Serial Bus
B. Universal stigma bus
C. Universal sigma backup
D. Universal Stich Bus
E. Universal serial bus
22. Sebuah koneksi digital yang berfungsi untuk menampilkan gambar dan suara adalah pengertian dari..
A. USB
B. Komputer
C. Teknologi
D. HDMI
E. Laptop
23. Kepanjangan dari HDMI yaitu…
A. High definition multimedia intermedia
B. High definition multimedia internal
C. High definition multimedia interface
D. High definition multimedia intelektual
E. High definition multimedia informatif
24. Berikut ini kelebihan dari HDMI yaitu, kecuali…
A. Gambar full HD
B. Signal bagus
C. Grafik buram
D. Resolusi tinggi
E. Sound jernih
25. Perangkat yang berfungsi untuk menyalurkan data ke dalam komputer di sebut perangkat…
A. Perangkat ouput
B. Perangkat input
C. Perangkat informasi
D. Perangkat elektronik
E. Perangkat interface
26. Berikut ini beberapa perangkat input pada computer kecuali…
A. Mouse
B. Keyboard
C. Adobe premier
D. Print
E. Microphone
27. Perangkat yang digunakan untuk menampilkan hasil dari pengolahan data di computer untuk di salurkan ke pengguna di sebut perangkat…
A. Perangkat output
B. Perangkat input
C. Perangkat informasi
D. Perangkat elektronik
E. Perangkat interface
28. Di bawah ini yang merupakan contoh perangkat output pada computer yaitu
A. Monitor
B. Speaker
C. Amplifier
D. RAM
E. Proyektor
29. Perangkat yang berfungsi untuk merekam data disebut …
A. Perangkat lunak
B. Perangkat keras
C. Perangkat penyimpanan
D. Perangkat perekaman
E. Perangkat informasi
30. Dibawah ini yang bukan merupakan perangkat penyimpanan pada computer yaitu…
A. RAM
B. ROM
C. Mouse
D. Hardisk
E. Compact disk
31. Merupakan memori utama yang berfungsi untuk memperlancar proses program aplikasi pada computer disebut..
A. ROM
B. USB
C. HDMI
D. Hardisk
E. RAM
32. Berfungsi untuk menyimpan program bios pada pada saat booting computer merupakan fungsi dari…
A. RAM
B. USB
C. MOUSE
D. ROM
E. KEYBOARD
33. Perangkat pada computer yang berfungsi untuk menyimpan data biner pada computer di sebut…
A. ROM
B. USB
C. RAM
D. Memory card
E. Hardisk
34. Sebuah media penyimpanan dalam bentuk piringan disebut….
A. CD
B. ROM
C. RAM
D. USB
E. Hardisk
35. Sebuah sarana multimedia yang berfungsi untuk menghantarkan informasi yang saling menghubungkan di sebut…
A. Perangkat lunak
B. Perangkat keras
C. Perangkat multimedia
D. Perkakas
E. Perangkat komputer
36. Sebuah program pada komputer untuk mengontrol system dalam pengolahan komponen-komponen data di sebut..
A. Perangkat keras multimedia
B. Perangkat lunak multimedia
C. Perangkat computer multimedia
D. Perangkat informasi multimedia
E. Perangkat interface multimedia
37. Bahasa yang digunakan oleh para programmer untuk membuat program disebut…
A. Bahasa asing
B. Bahasa pemograman
C. Bahasa intelektual
D. Bahasa informatif
E. Bahasa informasi
38. Contoh Bahasa pemograman yaitu, kecuali…
A. Assembly
B. Java
C. C
D. C++
E. microsoft
39. Windows xp, mac os, linux merupakan contoh perangkat lunak ….
A. Sistem aplikasi
B. System software
C. System hardware
D. System informasi
E. System infotmatika
40. Salah satu perangkat pengolah teks pada computer yaitu, kecuali..
A. Microsoft word
B. Word perfect
C. Star writer
D. Adobe premiere
E. Abi word
41. Corel draw merupakan sebuah aplikasi yang berfungsi untuk …
A. Membuat produk
B. Membuat animasi dan grafik
C. Membuat iklan
D. Membuat telekomunikasi
E. Membuat dan merekam video
42. Dibawah ini merupakan contoh perangkat lunak yang berfungsi untuk mengolah animasi dan grafik 3D yaitu, kecuali...
A. Maya
B. Softimage
C. 3D studio max
D. Lightwave
E. Pixelab
43. Aplikasi perangkat lunak pada Komputer yang berfungsi untuk dragging dan drooping berbagai macam objek multimedia disebut…
A. Authoring
B. Monitoring
C. Automatic
D. Editing
E. Automixing
44. Pinnacle impression adalah contoh darih aplikasi untuk menampilkan gambar film, aplikasi ini disebut…
A. Authoring manual
B. Monitoring
C. Authoring DVD
D. Authoring interfaces
E. Authoring otomatis
45. Dibawah ini merupakan fungsi dari grafis multi media yaitu, kecuali…
A. Menjelaskan suatu konsep
B. Membuat keseragaman warna
C. Warna background lebih serasi
D.Untuk mengekspresikan sebuah informasi atau suasana hati
E. Untuk membuat gambar menjadi bentuk fisik
46. Sebuah teknik yang dapat menghasilkan gambar berbentuk rekonstruksi dan gambar tersebut sama dengan aslinya, teknik ini di sebut..
A. Teknik lossless
B. Teknik chart
C. Teknik paint
D. Teknik color
E. Teknik editing
47. Gambar di kelompokan menjadi dua bagian yaitu…
A. Bit dan jpg
B. Png dan Mov
C. Bitmap dan vektor
D. Mov dan AV
E. 3D dan 2D
48. Gambar objek yang dibentuk dengan sebuah titik-titik dan kolaborasi warna disebut gambar…
A. 3D
B. 2D
C. Bitmap
D. Jpg
E. Png
49. Sebuah gambar objek yang di bentuk menggunakan kombinasi titik serta garis dengan menggunakan metode yang matematis disebut gambar…
A. Bitmap
B. Vektor
C. 3D
D. 2D
E. Unik
50. Dapat menangkat sebuah nuansa warna serta bentuk yang lebih natural merupakan kelebihan dari gambar…
A. 3D
B. 2D
C. Bitmap
D. Vektor
E. JPG
51. Memiliki ukuran file yang kecil merupakan salah satu kelebihan dari gambar…
A. Bitmap
B. Vektor
C. 3D
D. 2D
E. JPG
52. Adobe photoshoot merupakan sebuah aplikasi edit grafis yang berbasis…
A. JPG
B. PNG
C. Vektor
D. Bitmap
E. 3D
53. Aplikasi corel draw merupakan sebuah aplikasi edit gambar grafis yang berbasis…
A. JPG
B. PNG
C. Vektor
D. Bitmap
E. 3D
54. PSD merupakan sebuah format gambar, kepanjangan dari PSD yaitu…
A. Photoshop document
B. Photoshoot document
C. Photoviewer document
D. Photo documenter
E. Photoshel document
55. PSD merupakan sebuah format yang berasal dari aplikasi..
A. Adobe premiere
B. Capcut
C. Pixellab
D. Alight motion
E. Adobe photoshop
56. Sebuah format file grafis yang sangat fleksibel untuk computer windows karena dapat di baca oleh program grafis lainnya, ini merupakan format file..
A. PSD
B. JPG
C. PNG
D. BMP
E. HVS
57. Sebuah format yang kerap digunakan sebagai pertukaran dokumen antar program grafis merupakan format
A. EPS
B. BMP
C. PSD
D. JPG
E. PNG
58. Kepanjangan dari EPS yaitu…
A. Enapsell postcript
B. Encapsuled postcript
C. Endpisode postcript
D. Enable postcript
E. Encapsuled priscript
59. Format gambar yang memiliki tingkat kualitas yang sesuai dengan pilihan yang tersedia dan merupakan format yang memiliki kemampuan mode warna RGB adalah format…
A. GIF
B. EPS
C. BMP
D. PSD
E. JPG/JPEG
60. Format gambar file yang bernama GIF, kepanjangan dari GIF yaitu….
A. Grease intelektual formating
B. Grafis informasi format
C. Graphic interchange format
D. Grafis indeksi format
E. Graphic interchange formating
61. Format file yang dapat menyimpan gambar hingga kualitas 32 bit yaitu jenis format…
A. BMP
B. GIF
C. TIF
D. PCX
E. JPG
62. Jenis format file yang di kembangkan oleh sebuah perusahaan yang bernama zoft cooperation yaitu format…
A. TIF
B. GIF
C. JPG
D. EPS
E. PCX
63. Sebuah format yang banyak digunakan oleh orang-orang karena mampu menyimpan informasi , gambar atau foto yang bisa di gambungkan dengan beberapa format merupakan jenis format dari…
A. PDF
B. PNG
C. JPG
D. BMP
E. EPS
64. PDF adalah kepanjangan dari…
A. Portable Dimensi Format
B. Portable document frixion
C. Portable document formasi
D. Portable document format
E. Portable dimension formating
65. Di bawah ini yang merupakan format file audio kecuali…
A. AIFF
B. MP4
C. AAC
D. WMA
E. MP3
66. Kepanjangan dari AAC yaitu…
A. Advace Auto Codec
B. Averts Audio Cinemat
C. Adcance audio codec
D. Advance audio consert
E. Advance audio cinfers
67. Sebuah format audio yang tidak dapat di kompres kedalam bentuk apapun yaitu audio dengan jenis format…
A. AFIF
B. MP3
C. MP4
D. AAC
E. OGG
68. Sebuah codec audio yang dikembangkal real networks merupakan jenis format …
A. WAV
B. MP3
C. MP4
D. JPG
E. Real Audio
69. Microsoft dan IBM mengembangkan standar format audio yang bernama
A. Real audio
B. MP3
C. Mp4
D. WMA
E. WAV
70. WMA adalah kepanjangan dari…
A. Window media auto
B. Window media autority
C. Window Media audio
D. Window media ausorce
E. Winxp media auto
71. Multimedia terbagi menjadi dua bagian yaitu…
A. Multimedia aktif dan multimedia pasif
B. Multimedia linear dan multimedia interaktif
C. Multimedia sosmed dan multimedian realife
D. multimedia software dan multimedia hardware
E. Multimedia produksi dan multimedia penyiaran
72. Televisi, film, majalah termasuk kedalam multimedia…
A. Linear
B. Aktif
C. Pasif
D. Interface
E. Interaktif
73. Intergrasi digital antara sebuah animasi, audio dan gambar yang tidak bergerak dan gambar bergerak dan memiliki interaksi tinggi bagi pengguna aplikasi, merupakan pengertian dari…
A. Multimedia aktif
B. Multimedia interaktif
C. Multimedia social media
D. Multimedia pasif
E. Multimedia film
74. Tiga jenis proyek multimedia berbentuk video salah satunya yaitu, kecuali…
A. Dokumenter
B. Naratif
C. Seni
D. Non-naratif
E. Penyiaran
75. Menceritakan alur kisah yang di kemas dalam bentuk singkat adalah pengertian dari..
A. Proyek dokumenter
B. Proyek eksplementer
C. Proyek naratif
D. Proyek non naratif
E. Seni
76. Berfungsi untuk merekam suatu fakta pada tempat kejadian dan dapat di ulang berkali-kali merupakan fungsi dari proyek
A. Naratif
B. Non naratif
C. Seni
D. interaktif
E. Dokumenter
77. Sebuah strategi dengan tujuan agar proses syuting berjalan dengan lancer, merupakan fungsi dari….
A. Ide
B. Penulisan
C. Pra visualisasi
D. Syuting
E. Perencanaan produksi
78. Aplikasi yang berfungsi untuk mengolah sebuah video yang membuat video menjadi lebih menarik dari segi animasi dan pencahayaan, aplikasi ini disebut dengan….
A. Aplikasi pengiklanan
B. Aplikasi Penyiar
C. Aplikasi Pengolah Video
D. Aplikasi pinjaman
E. Aplikasi Pengubah bentuk format
79. Dibawah ini yang termasuk aplikasi pengolah video, kecuali…
A. Adobe premiere
B. Power director
C. Capcut
D. Alightmotion
E. Pixellab
80. Aplikasi yang berfungsi untuk mengolah suara disebut aplikasi..
A. Pengolah data
B. Pengolah clip
C. Pengolah audio
D. Pengolah video
E. Pengolah grafik
81. Di bawah ini yang termasuk kedalam aplikasi pengolah audio yaitu, kecuali…
A. MP3direcut
B. Music editor free
C. Audio manager
D. Power sound editor
E. Kinemaster
82. Kata estetika dalam istilah seni grafis berasal dari kata aesthesis yang artinya…
A. Berperasangka
B. Perasaan
C. Keindahan
D. Pencahayaan
E. Kemakmuran
83. Unsur seni grafis terbagi menjadi dua, yaitu…
A. Unsur pasif dan unsur aktif
B. Unsur interaktif dan unsur subteraktif
C. Unsur fisik dan unsur psikis
D. Unsur mental dan unsul keagamaan
E. Unsur fisika dan unsur kimia
84. Unsur yang berbentuk seperti gambar, tekstur, bentuk merupakan unsur…
A. Kimia
B. Fisika
C. Fisik
D. Aktif
E. Pasif
85. Merupakan sebuah unsur yang sulit di pahami dan di jelaskan secara visual tetapi dapat di rasakan seperti fikiran dan emosi merupakan bagian dari unsur…
A. Fisik
B. Psikis
C. Fasik
D. Aktif
E. Interaktif
86. Berdasarkan perwujudannya garis terbagi menjadi dua hal ini dilah dari karakter garis itu sendiri, garis ini bernama…
A. Garis nyata dan garis khayal
B. Garis khatulistiwa dan garus tepi
C. Garis keturunan dan garis DNA
D. Garis gambar dan garis video
E. Garis kotak dan garus segitiga
87. Sebuah unsur garis yang sifatnya mudah di amat yaitu adalah garis….
A. Khayal
B. Nyata
C. kotak
D. Segitiga
E. Interface
88. Sebuah garis yang memiliki sifat imajinatif disebut garis….
A. Khayal
B. Nyata
C. kotak
D. Segitiga
E. Interface
89. Unsur perpaduan garis dalam kondisi tertentu disebut unsur…
A. Bidang
B. Aktif
C. Hyperaktif
D. Pasif
E. bentuk
90. Merupakan sifat permikaan pada luar sebuah benda baik kasar halus ataupun licin merupakan dari unsur…
A. Bentuk
B. Bidang
C. Tekstur
D. Cahaya
E. Kamera
91. Tekstur dalam desain multimedia terbagi menjadi dua bagian yaitu…
A. Tekstur lembek dan tekstur kasar
B. Tekstur lembut dan tekstur halus
C. Tekstur asli dan tekstur buatan
D. Tekstur asli dan tekstur palsu
E. Tekstur aktif dan pasif
92. Sebuah tekstur yang terbentuk secara alami dan dapat di raba seperti kayu, dan batu merupakan tekstur…
A. Bidang
B. Benda
C. Asli
D. Palsu
E. Kasar
93. Merupakan tekstur hasil ciptaan manusia yang dapat memberikan kesan tertentu merupakan pengertian dari teksut…
A. Asil
B. Buatan
C. Kasar
D. Halus
E. Lembut
94. Perbandingan antara beberapa bagian dengan bagian lainnya disebut…
A. Keseimbangan
B. Keselarasan
C. Proporsi
D. Proporsisi
E. Bentuk bidang
95. Sebuah komunikasi dalam bentuk visual dengan menggunakan gambar untuk menyampaikan sebuah informasi tertentu di sebut..
A. Karya
B. Proporsi
C. Tekstur
D. Bidang
E. Desain grafis
96. Berikut ini yang termasuk unsur desain grafis, kecuali…
A. Teks
B. Judul
C. Sub judul
D. Aplikasi
E. Naskah
97. Di bawah ini yang merupakan fungsi ilustrasi, kecuali…
A. Menarik audience
B. Menyampaikan informasi menarik
C. Membuat suasana khas
D. Membuat permasalahan
E. Dramatisasi
98. Ilustrasi desain grafis berasal dari kata ilustrare yang artinya adlah…
A. Pembuatan
B. Penampakan
C. Pencampakan
D. Penciptaan
E. Pengakuan
99. Berasal dari Bahasa italia yaitu caricare yang jika di artikan adalah menambahkan, merupakan pengertian dari….
A. Karikatur
B. Kurikulum
C. Ilustrasi
D. Mediasi
E. Media
100. Kumpulan sebuah gambar yang memiliki fungsi sebagai penghibur dengan lelucon, merupakan pengertian dari…
A. Video
B. Foto
C. Kamera
D. Bioskop
E. Kartun
Penutup
Sekian itulah 100 soal tentang materi multimedia kelas 11 (XI) beserta jawabannya, tingkatkan terus minat belajar agar ilmu pengetahuan dan wawasan bertambah lebih banyak, dan tentu harus di ikuti dengan mencari berbagai pengalaman di dalam dunia multimedia,jadikan soal dan jawaban di atas sebagai pembelajaran kalian karena besar kemungkinan soal di atas akan keluar pada saat ujian mendatang, terimakasih dan semoga bermanfaat.
Post a Comment for "100 Soal Multimedia Kelas 11 Pilihan Ganda Beserta Jawabannya"
Post a Comment
Semua komentar yang Anda berikan akan saya moderasi untuk ditampilkan dalam halaman komentar. Harap berikan komentar yang tidak mengandung unsur hal negatif/spam. Terimakaksih