Contoh Soal Sosiologi Kelas 10 Essay dan Jawabannya

Contoh Soal Sosiologi Kelas 10 Essay dan Jawabannya

Contoh soal Sosiologi kelas 10 essay dan jawabannya berikut ini dapat dijadikan bahan latihan sebelum ujian. Selain soal pilihan ganda, biasanya terdapat soal essay untuk mengukur seberapa jauh kemampuan Anda dalam memahami materi yang sudah disampaikan. Ini akan membantu adik-adik saat mengerjakan soal ujian sekolah nantinya. 

Karena sebelumya kami sudah membahas  Contoh Soal Sosiologi Kelas 11 Essay dan Jawabannya dan Contoh Soal Sosiologi Kelas 12 Essay dan Jawabannya untuk melengkapi materi latihan soal tentang sosiologi kami akan membagikan contoh soal sosiologi untuk kelas X SMA. Untuk itu, langsung simak artikel kali ini untuk mengetahui kumpulan-kumpulan soal Sosiologi kelas 10.

Contoh Soal Sosiologi Kelas 10 Essay Dan Jawabannya

Untuk jawaban yang tertera sudah dipastikan benar karena berasal dari sumber yang terkait, yaitu Komara Tech. Baiklah, berikut ini contoh soalnya : 

1. Sebutkan faktor-faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya perilaku menyimpan
Jawaban : 
  • Perubahan norma-norma dari masa ke masa. 
  • Tidak ada aturan atau norma yang bersifat mutlak yang dapat digunakan untuk menentukan benar tidaknya kelakuan seseorang.
  • Adanya orang-orang yang belum memahami dan menyadari kenapa norma harus dipatuhi.
  • Terdapat individu yang kurang yakin pada kebenaran norma yang berlaku.
  • Terdapat individu yang tidak mematuhi aturan atau norma.
2. Imitasi dan sugesti merupakan salah satu faktor terbentuknya interaksi sosial. Jelaskan kedua faktor tersebut!
Jawaban : 

Imitasi merupakan upaya untuk meniru tindakan orang lain yang dianggap sebagai tokoh idealnya. Perilaku ini cenderung tidak disadari oleh orang yang melakukannya. Sementara sugesti ialah pemberian pengaruh pandangan seseorang pada orang lain. Sugesti akan menyebabkan seseorang mengikuti pandangan yang mereka terima tanpa pikir panjang.

3. Jelaskan pengertian tindakan sosial menurut ahli!
Jawaban : 
  • Menurut Max Weber, tindakan sosial adalah tindakan yang didasari pada bentuk fakta sosial yagn mempunyai pengaruh besar dalam kehidupan. Di mana sistem sosial dalam pengaruh ini diciptakan dari hubungan individu dengan kelompoknya.
  • Menurut Ritzer, tindakan sosial adalah perilaku perulangan yang dijalankan dengan sifat sengaja sebagai akibat dari pengaruh atas situasi yang serupa tujuan.

4. Sebutkan bentuk-bentuk interaksi asosiatif yang kamu ketahui!
Jawaban : 
Kerja sama, asimilasi, akulturasi, dan akomodasi.

5. Sebutkan dan jelaskan tindakan sosial yang kamu ketahui!
Jawaban : 
  • Tindakan rasional instrumental yaitu tindakan yang bersifat rasional. Artinya, seorang individu melakukan tindakan yang disesuaikan dengan tujuan akhir yang ingin dicapainya.
  • Tindakan berorientasi nilai yaitu tindakan yang dilakukan dengan mempertimbangkan nilai-nilai yang terdapat di masyarakat, sehingga tindakan individu menyesuaikan dengan apa yagn dianggap baik oleh masyarakat pada umumnya.
  • Tindakan afektif adalah tindakan yang dilakukan berdasarkan dorongan perasaan atau emosi seorang individu. Tindakan afektif biasanya tidak dapat diterima akal, dianggap irrasional, dan kurang logis.
  • Tindakan tradisional adalah tindakan yang dilakukan karena sudah menjadi kebiasaan di masyarakat.

PENUTUP

Itu tadi contoh soal sosiologi kelas 10 essay dan jawabannya serta jenis tes essay. Anda bisa meng-copy materi ini untuk dijadikan bahan latihan sendiri. Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi Anda. 

Finna Komara
Finna Komara Hello, I'm Finna Komara, I'm from Medan (Indonesia). Blogging is one of my main hobbies, and a job that makes me happy!

Post a Comment for "Contoh Soal Sosiologi Kelas 10 Essay dan Jawabannya"