Contoh Soal TKJ Essay dan Jawabannya

Contoh Soal TKJ Essay dan Jawabannya

Memiliki kemampuan dalam bidang teknologi informasi, ada baiknya Anda masuk ke SMK jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan). Adapun dalam hal ini, pastikan Anda sudah mempelajari beberapa contoh 10 soal essay TKJ dan jawabannya agar proses seleksi berjalan dengan lancar.

Ada banyak materi yang harus dikuasai oleh para siswa saat mengambil jurusan TKJ, apalagi siswa dan siswi kelas X yang baru masuk ke semester awal. Dengan begitu, kalian tidak usah bingung lagi untuk mencoba latihan soal TKJ di artikel ini sudah lengkap dengan berbagai macam pembahasan materi hingga jawaban yang berasal dari sumber terkait. 

Sebelumnya kami sudah membahas beberapa soal TKJ sesuai dengan kelasnya, kalian bisa juga latihan soal dari contoh soal berikut ini : 

Soal dan Jawaban TKJ Essay Beserta Jawabannya

Mengenai kumpulan soal TKJ dan jawabannya, Anda bisa melihat informasi selengkapnya di pembahasan berikut ini. Kumpulan soal – soal jurusan TKJ essay :

1. Istilah komputer sering kali didefinisikan sebagai apa?
2. Apakah yang dimaksud dengan LAN?
3. Coba jelaskan mengenai pengertian dann fungsi dari IP Addres pada jaringan komputer!
4. Sebutkan 5 contoh perangkat keras atau dikenal dengan istilah hardware pada perangkat komputer!
5. Apa saja contoh sistem operasi komputer yang sering digunakan bagi para pengguna komputer?
6. Sebagai penghubung antar komputer, biasanya dibutuhkan peripheral yakni NIC (Network Interface
Card). Coba jelaskan pengertian dari NIC itu sendiri!
7. Sebutkan 4 contoh perangkat input yang ada dalam komputer!
8. Sebutkan 5 contoh perangkat output pada komputer!
9. Apakah yang dimaksud dengan perangkat eksternal pada komputer?
10. Coba sebutkan pengklasifikasian perangkat eksternal komputer!

Jawaban Soal TKJ

Berikut ini jawaban lengkap dari soal-soal diatas yang bisa adik-adik jadikan referensi dalam mengerjakan soal TKJ :

1. Komputer sendiri merupakan suatu perangkat elektronik yang dapat melakukan tugasnya yakni menerima dan memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan pengguna.

2. LAN / Local Area Network merupakan suatu jenis jaringan komputer yang mana di dalamnya menghubungkan perangkat komputer dan komputer di dalam satu ruangan di gedung.

3. IP Address (internet protocol) address merupaakn suatu alamat dari suatu perangkat komputer. Dimana, fungsi dari IP Address sendiri yakni berguna untuk menghubungkan komputer itu kepada jaringan internet.

4. Beberapa contoh perangkat keras yang sering digunakan dalam perangkat komputer antara lain yakni seperti monitor, keyboard, mouse, CPU dan DVD Drive.

5. Beberapa contoh sistem operasi komputer yang umumnya sering digunakan oleh para pengguna di antaranya yakni seperti Windows, Linux dan Mac OS.

6. Kartu jaringan NIC dikatakan sebagai suatu kary yang berguna untuk menjembatani perangkat komputer ke sebuah karingan komputer. Biasanya, penggunaan kartu jaringan NIC yang sering digunakan ada dua jenis yakni NIC bersifat fisik dan NIC bersifat logis.

7. Beberapa contoh perangkat input yang digunakan pada perangkat komputer di antaranya yakni seperti keyboard, mouse, scanner dan microphone.

8. Berbagai contoh perangkat output yang digunakan pada perangkat komputer antara lain yakni monitor, printer, speaker dan headphone.

9. Perangkat eksternal sendiri merupakan sebuah perangkat tambahan yang berfungsi seperti halnya perangkat internal.

10. Beberapa contoh perangkat eksternal yang biasanya digunakan pada komputer yakni Human Readable, Machine Readable dan Communication.

PENUTUP

Itulah tadi beberapa contoh 10 soal essay TKJ dan jawabannya yang bisa Anda pelajari dan pahami jika
nantinya mengambil jurusan SMK TKJ.
Finna Komara
Finna Komara Hello, I'm Finna Komara, I'm from Medan (Indonesia). Blogging is one of my main hobbies, and a job that makes me happy!

Post a Comment for "Contoh Soal TKJ Essay dan Jawabannya"