100 Soal Multimedia Kelas 12 Pilihan Ganda Beserta Jawabannya

100 Soal Multimedia Kelas 12 Pilihan Ganda Beserta Jawabannya

Di kelas 12 (XII) multimedia siswa di harapkan sudah memahami dasar-dasar multimedia dan sudah mampu mengaplikasikannya dalam berbagai bentuk proyek multimedia, hal ini bertujuan untuk membuka sebuah peluang karir yang luas di dalam sebuah industri kretifitas serta teknologi informasi, karena teknologi multimedia semakin berkembang dengan seringin nya waktu.

Sebelumnya pada kelas 10 (X) siswa telah di ajarkan dasar-dasar multimedia tentang konsep, pengenalan teknologi, serta pembelajaran dasar-dasar animasi dan grafik video, dan pada kelas 11 (XI) merupakan tahap pematangan pembelajaran dimana siswa menuju ke pelajaran lebih dalam lagi tentang dunia multimedia dan teknologi nya.

Pada kelas 12 (XII) siswa kembali mengingat dan mengevaluasi pembelajaran pada kelas sebelum nya, bisa dibilang ini adalah pengelompokan dan pengulangan kembali materi yang telah di ajarkan, dengan sedikit tambahan pengenalan pada pembelajaran kelas 12, karena cara mengkombinasi multimedia di kelas 12 tidak bisa di spelekan sebab menyangkut dengan karir untuk kedepannya.


Beberapa topik yang akan di bahas kembali pada kelas 12 yaitu konsep tentang multimedia beserta aspek-aspeknya, hal ini juga mencakup tentang sejarah dan juga jenis-jenis media yang termasuk kedalam teknologi multimedia dan juga tentang pengolahan multimedia menggunakan perangkat hardware dan software nya.

Di dalam pembelajaran materi kelas 12 siswa akan belajar mengenai prinsip desain grafif, serta teknik-teknik cara memanipulasi sebuah gambar, dengan menggunakan aplikasi seperti coreldraw, adobe photoshop dan aplikasi lainnya yang berpengaruh terhadap desain multimedia, karena salah satu elemen yang penting bagi multimedia yaitu grafika, animasi, audio,video.

Kali ini kami akan membagikan 100 soal multimedia besera jawabannya, hal ini dapat membantu siswa untuk memperdalam pemahaman mereka mengenai dunia multimedia, soal, soal di bawah ini juga dapat di jadikan sebagai acuan untuk mengetahui dan mengukur sejauh mana siswa dalam memahami materi multimedia dan di harapkan mampu menjelaskan konsep dasar multimedia serta sudah bisa atau mampu untuk mengkombinasikannya dalam membuat suatu proyek multimedia, hal ini dapat membantu siswa dalam menyiapkan diri mereka untuk selanjutnya berkarir di dunia industri keratif dan teknologi informasi di masa mendatang. berikut ini 100 soal pilihan ganda beserta jawabannya.

100 Contoh Soal Multimedia Kelas 12 Beserta Jawabannya

1. Multimedia interaktif terbagi menjadi dua bagian yaitu..
A. Aktif dan pasif
B. Online dan offline
C. Teknologi dan non teknologi
D. Software dan hardware
E. Gaya dan tekanan

Baca Juga:
2. Multimedia interaktif yang cara penyampaiannya menggunakan jaringan atau saluran yaitu..
A. Multimedia interaktif online
B. Multimedia interaktif offline
C. Multimedia interaktif Pasif
D. Multimedia interaktif aktif
E. Multimedia interaktif interface

3. Di bawah ini merupakan manfaat multimedia interaktif, kecuali..
A. Siswa lebih interaktif
B. Menghemat waktu mengajar
C. Bermain game lebih jago
D. Meningkatkan kualitas belajar
E. Pembelajaran lebih menarik

4. Dapat memperbesar dan memperkecil suatu objek benda adalah salah satu keunggulan dari...
A. Multimeter
B. Multimark
C. Multitasking
D. Multitalenta
E. Multimedia

5. Berikut ini yang bukan manfaat dari multiemdia interaktif...
A. Industri kreatif
B. Hiburan yang seru
C. Seni rupa pembelajaran
D. Pendidikan lebih mudah
E. Materi membosankan

6. Menggunakan multimedia sebagai sarana keperluan seni untuk hiburan disebut..
A. Industri komersial
B. Industri kreatif
C. Industri produktif
D. Industri adaptif
E. Industri intuisif

7. Berikut ini yang merupakan maca-maca model multimedia interaktif kecuali..
A. Model tutorial
B. Model Simulasi
C. Model drill
D. Model instructional
E. Modeling product

8. Salah satu jenis model multimedia yang menjelaskan suatu definisi, istilah, atau tabel merupakan jenis model....
A. Tutorial
B. Drill
C. Simulasi
D. Intuisi
E. Instruksi

9. Merupakan salah satu model multimedia yang tidak melakukan pembelajaran materi tetapi langsung melakukan praktek sesuai dengan teori yang telah di ajarkan merupakan model...
A. Tutorial
B. Drill
C. Simulasi
D. Intuisi
E. Instruksi

10. Merupakan model multi media yang di sesuaikan dengan kenyataan yang benar-benar adanya untuk mendapatkan sautu penjelasan global tentang proses di sebut model...
A. Tutorial
B. Drill
C. Simulasi
D. Intuisi
E. Instruksi

11. Model multimedia yang di dalamnya menjelaskan cara menjalankan suatu prosedur atau proyek multimedia interaktif disebut model...
A. Tutorial
B. Drill
C. Simulasi
D. Intuisi
E. Intructional

12. Model multimedia yang berjenis hybrid adalah..
A. Gabungan dari dua multimedia interaktif
B. Gabungan dari dua teknologi
C. Gabungan dari dua aplikasi
D. Gabungan dari dua intruksi
E. Gabungan dari dua personifikasi

13. Model multimedia yang berisi sebuah dialog percakapan yaitu model..
A. Tutorial
B. socratic
C. Simulasi
D. Intuisi
E. Instruksi

14. Memberikan informasi berbentuk daftar data atau tabel merupakan jenis model multimedia...
A. Tutorial
B. Drill
C. Simulasi
D. informational
E. Instruksi

15. Sesuatu yang di pahami oleh sebuah pemikiran yang berbentuk ide gambaran mental di sebut..
A. Konsep
B. Penyiaran
C. Penyajian
D. Produksi
E. Persentasi

16. Multimedia yang memungkinkan suatu pembelajaran aktif (active learning), merupakan salah satu fitur dalam multimedia yang biasa di sebut..
A. Intusif
B. Interaksi
C. Interaktif
D. Intermenari
E. Intermedia

17. Sebuah software yang dapat digunakan untuk membuat atau memproduksi website design yaitu..
A. Capcut
B. Alight motion
C. Dreamweaver
D. Pixellab
E. Kinnemaster

18. Di bawah ini yang merupakan keuntungan dari menggunakan web berbasis multimedia, kecuali...
A. Solusi menggunakan berbagai gaya belajar
B. Mengetahui lebih banyak sistem visual
C. Memiliki banyak ide untuk di sampaikan
D. Memiliki item di mobilel legends
E. Memiliki bahan yang lebih menarik dan seru

19. Berikut ini yang merupakan kekurangan dari menggunakan web multimedia yaitu...
A. Bahan ide yang mudah di dapatkan
B. Belajar lebih banyak tentang media sistem visual
C. Waktu dan pengeluaran pengembangan
D. Mempunyai banyak ide
E. Memiliki solusi agar belajar tidak jenuh

20. Worlwide awal mula di luncurkan pada tahun...
A. 1989
B. 1985
C. 1845
D. 1979
E. 1745

21. Berikut ini yang bukan termasuk kelebihan aplikasi multimedia interaktif berbasis html adalah...
A. Bahasa pemogramanyang mudah di pahami
B. Software yang mudah di update
C. Informasi yang mudah di dapatkan
D. Hasil yang buruk
E. Penggunaan aplikasi lebih power full

22. Berikut ini yang membentuk konten sebuah multimedia interaktif antara lain kecuali...
A. Foto
B. Suara
C.Animasi
D. Video
E. Lukisan

23. Salah satu software yang berfungsi untuk membuat sebuah teks animasi yaitu...
A. Paint
B. Coreldraw
C. Macromedia
D. Adobe audition
E. Capcut

24. Menu pada aplikasi editing yang berfungsi untuk memotong video yaitu...
A. Brightes
B. Lighting
C. Cut
D. Copy
E. Overlay

25. RAM merupakan kepanjangan dari...
A. Random access memory
B. Random access mimo
C. Ready actualy medly
D. Random access moryi
E. Realy action memory

26. Di bawah ini yang termasuk aplikasi pengolah gambar yaitu..
A. Adobe premiere
B. Camtasia
C. Capcut
D. Kinemaster
E. Pixellab

27. Tempat untuk menyimpan file pada komputer atau HP disebut..
A. Teknologi
B. HTML
C. Memory
D. HVS
E. Aplikasi

28. Kepanjangan dari HTML yaitu...
A. Hyper teknologi mark liga
B. Hypbis text maksimal lengue
C. Hyper Text Markup Language
D. High Tools memory long
E. Hyper text miss lag

29. Untuk mendapatkan kualitas gambar atau video yang bagus/jernih yang kalian harus lakukan adalah mengatur...
A. Warna
B. Resolusi
C. Potongan video
D. Render
E. Corp

30. Tools untuk mewarnai sebuah area pada gambar yaitu...
A. Fill color
B. Corp
C. Brushes
D. Resize
E. Text

31. Sebuah tools yang digunakan untuk menggambar pada aplikasi paint yaitu...
A. Fill color
B. Corp
C. Brushes
D. Resize
E. Text

32. Salah satu jenis model multimedia yang menggunakan PC atau komputer sebagai sarana hiburan dengan tujuan belajar tidak jenuh disebut model...
A. Model Tutorial
B. Model Instructional game
C. Simulasi
D. Intuisi
E. Instruksi

33. Berikut ini yang bukan merupakan prinsip desain interface yaitu...
A. Product comptability
B. User comptability
C. Task comptability
D. Work flow comptability
E. Work competicion

34. Designer harus mengumpulkan data berbagai macam dari si pemakai agar dapat menyesuaikan dengan si pemaikai, dalam prinsip pendesain interface disebut...
A. Product comptability
B. User comptability
C. Task comptability
D. Work flow comptability
E. Work competicion

35. Suatu bentuk kelenturan dari sebuah penyelesaiaan dalam mendapatkan solusi disebut...
A. Direct manipulasi
B. Control
C. Responsive
D. Technology
E. Flexibility

36. Membuat tampilan lebih efisien dan dapat menyesuaikan dengan tugas merupakan tujuan dari...
A. User fanny
B. User teknologi
C. User interface
D. User komputer
E. User system

37. Berikutini yang bukan termasuk kedalam generasi user interface yaitu...
A. Baris layer
B. Baris arahan
C. Sistem layar
D. GUI
E. System berkelompok

38. Berinteraksi pada sebuah penggunaan baris arahan dengan menyusun arahan tertentu pada tiap baris, merupakan user interface pada generasi...
A. Baris layer
B. Baris arahan
C. Sistem layar
D. GUI
E. System berkelompok

39. Menggunakan sebuah penghubung berupa layar plasma merupakan user interface pada generasi...
A. Baris layer
B. Baris arahan
C. Sistem layar
D. GUI
E. System berkelompok

40. Dua kategori dalam user interface yaitu///
A. System dan aplikasi
B. GUI dan Teks based
C. System dan teknologi
D. Editing dan finishing
E. GUI dan layer

41. Sebuah kategori user interface yang menggunakan suatu unsur gambar, audio, dan video untuk berinteraksi disebut kategori...
A. GUI
B. Layer
C. Editing
D. Teks based
E. Rendering

42. Kategori user interface yang menggunakan tumus yang telah di tentukan dalam memberikan perintah yaitu kategori...
A. GUI
B. Layer
C. Editing
D. Teks based
E. Rendering

43.  Prinsip desain user interface yang manual untuk menghasilkan hasil yang lainnya disebut prinsip...
A. Direct manipulasi
B. Product compatibility
C. Responsive
D. Technology
E. Flexibility

44. Prinsip desain user interface yang menggunakan aplikasi untuk membantu para pengguna untuk menyelesaikan pekerjaannya...
A. Task compatibility
B. Product compatibility
C. Responsive
D. Technology
E. Flexibility

45. Prinsip desain user interface yang menggunakan sistem manual dengan langkah kerjanya untuk menyelesaikan tugas, disebut prinsip...
A. Task compatibility
B. Product compatibility
C. Work flow compatibility
D. Technology
E. Flexibility

46. Prinsip desain user interface dengan sistem yang sangat konsisten serta sistem yang ada dan sesuai kepada setiap sifat semua orang, merupakan prinsip...
A. Task compatibility
B. Product compatibility
C. Work flow compatibility
D. Technology
E. Consistency

47. Prinsip desain user interface yang berfungsi memberikan tampilan supaya tampilan awal membuat para pemakai tidak kebingungan dalam menggunakannya, merupakan prinsip...
A. Task compatibility
B. Product compatibility
C. Work flow compatibility
D. Familiarity
E. Consistency

48. Prinsip desain user interface yang memberikan sistem sederhana dan tidak membuat para pengguna kebingungan, merupakan prinsip...
A. Task compatibility
B. Product compatibility
C. Simplicity
D. Familiarity
E. Consistency

49. Prinsip desain user interface yang melakukan sesuatu untuk kemajuan terhadap sebuah sistemnya serta dapat menyesuaikan dengan kebutuhannya disebut prinsip...
A. Direct manipulation
B. Product compatibility
C. Simplicity
D. Familiarity
E. Consistency

50. Prinsip desain user interface yang memiliki planning untuk merancang suatu keadaan dan mendapatkan solusinya merupakan prinsip...
A. Direct manipulation
B. Product compatibility
C. Simplicity
D. Familiarity
E. Control

51. Prinsip desain user interface yang memiliki sifat rasa ingin tahu terhadap sebuah kehebatan dari sistem yang baru di kenali disebut prinsip...
A. Direct manipulation
B. Invisible technologi
C. Simplicity
D. Familiarity
E. Control

52. Alay yang dapat menciptakan sebuah presentasi dengan dinamis dan iteraktif dengan mengkolaborasi teks, grafik, audio, animasi, dan video, merupakan pengertian multimedia menurut....
A. jhon dan kei
B. Robin dan linda
C. Hofseter
D. Mickey
E. Michael

53. Pemanfaat komputer untuk memproduksi dan mengkombinasi teks, grafik, audio video animasi dengan menggabungkan link dan alat/tools merupakan pengertian multimedia interaktif menurut....
A. jhon dan kei
B. Robin dan linda
C. Hofseter
D. Mickey
E. Michael

54. Sesuati yang mengacu pada kalimat, kata atau alinea dan segala sesuatu yang ditayangkan dalam bentuk tertulis disebut..
A. Video
B. Foto
C. Animasi
D. Text
E. Editing

55. Tampilan di dalam sebuah teks yang memiliki berbagai macam jenis bentuk,ukuran dan warna di sebut..
A. Kaligrafi
B.Tipografi
C. Typo
D. Typegrafik
E. Grafika

56. Sebuah multimedia tidak akan lengkap jika tidak ada...
A. Aqua
B. Audio
C. Air
D. Makanan
E. Kopi

57. Dibawah ini yang merupakan bentuk umum audio kecuali..
A. Suara musik
B. suara voice record
C. Efek Suara
D. Mp4
E. Efek bass 

58. Gambar brurutan yang dapat menimbulkan efek gerak dan dapat dilihat serta di dengar merupakan ciri identik dari...
A. Teknologi canggih
B. Teknologi video
C. Teknologi sumber tenanga
D. Teknologi Robot
E. Teknologi Cahaya

59. Tujuan dari pembuatan video dalam tampilan multimedia yaitu..
A. Memperkeruh tampilan
B. Merusak file
C. Membuat video buram
D. Demi kepentingan uang
E. Membuat tampilan yang di hasilkan lebih menarik

60. Di bawah ini yang merupakan aplikasi untuk membuat sebuah animasi 3 dimensi yaitu...
A. Adobe flash
B. Blender
C. Cool edit
D. Autdesk
E. Blender dan autodesk 3dsmax

61. Melakukan klik dua kali pada mouse dengan cepat pada icon 3D berfungsi untuk...
A. Menjalankan program 3D desktop
B. Mengedit otomatis
C. Memotong video
D. Memotong gambar
E. Mencari virus

62. Pipa merupakan perintah yang berfungsi untuk membuat obyek standar, ini merupakan bentuk perintah dari...
A. Tube
B. Youtube
C. Plane
D. Pyramid
E. Segitiga

63. Cara menyeleksi sebuah objek berdasarkan titik bidang yaitu dengan cara...
A. Paint
B. Vortex
C. Vertex
D. Bordir
E. Border

64. Untuk membuat efek kain pada saat editing di perlukan perintah...
A. Fill
B. Cloth
C. Pecah
D. Cut
E. Crome

65. Tekan menu file lalu save ass dan ketikan nama file lalu klik OK merupakan cara untuk...
A. Menyimpan teknologi
B. Menyimpan mouse
C. Menyimpan keyboard
D. Menyimpan file
E. Menyiapkan file

66.yang dimaksud dari low camera angel yaitu..
A. Posisi kamera cenderung menambah ukuran tinggi obyek
B. Posisi kamera salah
C. Posisi kamera buram
D. Poisis microfon salah letak
E. Posisi pemain kurang dekat

67. Istilah width dalam resolusi gambar dikenal dengan...
A. Tinggi
B. Luas
C. Mines
D. Pasif
E. Lebar

68. Istilah height dalam resolusi gambar dikenal dengan nama...
A. Kiri
B. Kanan
C. Tinggi
D. Atas
E. Bawah

69. Sebuah pertunjukan gambar yang bergerak dengan tujuan hiburan disebut...
A. Teater
B. Film
C. Tari
D. Barongsai
E. Jungle

70. Kegiatan menggerakan gambar tidak bergerak menjadi gambar bergerak seakan akan hidup disebut...
A.  Negosiasi
B. Atraksi
C. Pertunjukan
D. Animasi
E. Teater

71. Sebuah layer yang di butuhkan pada saat mengedi video disebut...
A. Sequence
B. Cut
C. Overlay
D. Overheight
E. Overpower

72. Hasil dari rekaman kamera dari tahapan suatu gerakan di sebut...
A. Audio
B. Video
C. Scam
D. Website
E. Sin

73. Jika menekan ALT+F4 pada saat menggunakan aplikasi 3D studio max yang terjadi akan...
A. Keluar aplikasi
B. Masuk aplikasi
C. Render video
D. Hapus aplikasi
E. Potong aplikasi

74. Video dengan resolusi 720 x 576, adalah ciri-ciri file dengan format...
A. JPG
B. JNE
C. PNG
D. MPEG2
E. MP3

75. Efek path text berfungsi unutk...
A. Efek teks yang mengikuti bentuk melingkar atau kurva
B. Efek buram
C. Efek jernih
D. Efek Miring
E. Efek bacgroun color

76. Sebuah perintah file lalu export movie adalah perintah untuk...
A. Mengubah file gambar
B. Mengubah file audio
C. Mengemas video kedalam bentuk file
D. Menghilangkan video
E. Memotong video

77. Jendela projek berfungsi untuk..
A. Menampilkan file yang di hapus
B. Menampilkan editing yang belum selesai
C. Menampilkan teater
D. Menampilkan informasi file proyek
E. Menampilkan file yang baru

78. Berikutini bentuk file audio, kecuali...
A. WAV
B.MP3
C.SES
D. JPG
E. AIF

79. Pada menu editing graphic equalizer berfungsi untuk...
A. Menyaring dan mengatur video
B. Menyaring virus pada video
C. Menyaring dan mengatur suara
D. Membuat suara menjadi bass
E. Efek suara mute

80. Cooledit adalah sebuah aplikasi yang berfungsi untuk...
A. Edit video
B. Edit file
C. Penyari suara
D. Scan antivirus
E. Edit suara/audio

81. Counting leader merupakan....
A. Kumpulan angka hitungan mundur untuk mengawali sebuah tayangan film
B. angka hitungan mundur untuk mengawali sebuah tayangan syuting
C. Kumpulan angka hitungan mundur untuk mengawali sebuah tayangan sinetron
D. Kumpulan angka  mundur untuk mengawali sebuah tayangan file
E.Kumpulan angka hitungan mundur untuk mengawasi tayangan produk

82. Untuk menggerakan title ke arah kanan dan kiri di perlukan perintah...
A. Cut
B. Copy
C. Fill
D. Crawl title
E. Erase

83. Proses perubahan atau perpindahan dari sebuah video ke video yang lain dengan efek tertentu secara halus di sebut...
A. Crawl video
B. Efek animasi video
C.Transisi video
D. Cut video
E. Audio Efek

84. Di bawah ini yang merupakan cara scanning pada sebuah scanner yang benar kecuali...
A. Install aplikasi scan
B. Instal point blank
C. Gunakan scan bawaan
D. Koneksi kabel scanner ke PC
E. Tekan tombol scan

85. Memudahkan untuk melakukan teleconference merupakan fungsi dari
A. Webcame
B. Webcome
C. Welcome
D. Digital
E. Aplikasi

86. Di bawah ini yang termasuk proses pra produksi, kecuali...
A. Susunan rencana
B. Pengelola ide
C. Penginstalan game online
D. Promosi/iklan
E. Pembuatan produk

87. Kolom tampilan, file video dan file audio merupakan syarat dalam pembuatan...
A. Story whatsapp
B. Storyboard
C. Storybilliard
D. Stroy instagram
E. Story toy

88. Perintah free transform berfungsi untuk...
A. Mengganti objek
B. Merusak objek
C. Merubah posisi objek
D. Mengubah bentuk file
E. Menghapus objek

89. Rotation adalah perintah yang berfungsi untuk...
A. Mengganti objek
B. Menghapus objek
C. Memutar objek
D. Mengubah bentuk file
E. Mengcopy objek

90.  Ease pada menu motion tween berfungsi untuk...
A. Menghaluskan transisi
B. Menghilangkan objek
C. Memutar objek
D. Menghilangkan efek
E. Menghaluskan animasi

91. Pada editing video, perintah key frame berfungsi untuk...
A. Menghaluskan video
B. Menghilangkan efek video
C. Memutar frame video
D. Menandai frame video
E. Memberikan efek video

92. CTRL+ENTER pada adobe flash berfungsi untuk...
A. Running animasi
B. Menjalankan video efek
C. Memutar video tanpa efek
D. running transisi
E. Hilangkan transisi

93. Sebuah ruang dalam sebuah video disebut...
A. Keyframe
B.  Motion
C. Efek
D. Animasi
E. Frame

94. F9 pada aplikasi adobe flash berfungsi untuk...
A.  Memunculkan animasi
B. Memunculkan menu efek
C. Memunculkan action script
D. Menghilangkan animasi
E. Menambahkan keyframe

95. Fungsi dari fitur lasso tools yaitu untuk...
A. Membuat objek segitiga
B. Membuat objek jajargenjang
C. Membuat objek dengan garis lurus
D. Menghilangkan garis pada objek
E. Membuat efek sendiri

96. Untuk menghentikan berjalannya pemutaran animasi pada aplikasi editing yaitu...
A. Play
B. Delete
C. Overlay
D. Stop
E. Semua salah

97. Fungsi bitmap pada adobe flash yaitu untuk...
A. Memberikan efek warna 
B. Memberikan transisi
C. Memberikan animasi
D. Memberikan keyframe
E. Memberikan grafik

98. Fungsi masking yaitu untuk..
A.  Merender video
B. Menyimpan perubahan editing
C. Menyimpan gambar sesuai objek
D. Mengganti video
E. Menghilangkan video

99. Mengontrol sebuah pergerakan animasi di adobe flash adalah fungsi dari perintah...
A. Overlay
B. Menghilangkan efek
C. Action figure
D. Clone video
E. Action script

100. Perintah yang berfungsi untuk mengontrol tranfaransi adalah...
A. Overlay
B. Fill
C. Background color
D. Alpha
E. Animasi efek

Penutup

Itulah 100 soal multimedia kelas 12 beserta jawabannya, semoga artikel ini dapat membantu kalian dalam hal belajar dan mempelajari sebuah teknologi multimedia, jadikan soal di atas sebagai acuan kalian untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian sesungguhnya, pastikan kalian pantau terus website kami karena akan ada pembelajar lain yang tidak kalah penting nya untuk kalian ketahui, Terimakasih.
Finna Komara
Finna Komara Hello, I'm Finna Komara, I'm from Medan (Indonesia). Blogging is one of my main hobbies, and a job that makes me happy!

Post a Comment for "100 Soal Multimedia Kelas 12 Pilihan Ganda Beserta Jawabannya"